1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Andalkan inovasi praktis, UB Malang juara rancang bendungan

Sisihkan sembilan pesaing, FT-UB berhasil raih juara I dalam Lomba Rancang Bendungan Nasional (LRBN) 2016.

Darmadi Sasongko. ©2016 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 07 Desember 2016 14:17

Merdeka.com, Malang - Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) Malang berhasil memperoleh Juara I dalam Lomba Rancang Bendungan Nasional (LRBN) 2016. Tim Mugiwara-64 dari Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknik berhasil menyisihkan sembilan finalis menjadi pesaingnya.

Tim Mugiwara-64 berhasil menarik perhatian Dewan Juri lewat konsep penggunaan material random. Konsep tersebut menjadi kunci keunggulan dibanding peserta yang lain.

"Inovasi ini dianggap praktis dan ramah lingkungan karena menghilangkan proses distribusi logistik yang panjang," kata Medisi Gunawan salah satu punggawa Tim Mugiwara-64 di Universitas Brawijaya, Selasa (6/12).

Pembangunan material random sendiri artinya, bahwa material konstruksi DAM dapat menggunakan bahan baku apapun yang ada di sekitar pembangunan bendungan tersebut. Sehingga perlu mendatangkan bahan baku dari daerah yang cukup jauh, apalagi jika lokasi bendungan berada di pedalaman.

"Syarat mendapat nilai tertinggi, rancangan bendungannya harus dinilai dari aspek inovatif, implementatif dan ekonomis," katanya.

Medisi menyatakan rasa bangganya membawa penghargaan tertinggi untuk kampusnya selama dua tahun berturut-turut. Dirinya bersama tim merasa dapat membuktikan sebagai designer bendungan terbaik di Indonesia.

UB sendiri pada seleksi tahap proposal meloloskan 5 Tim Perancang Bendungan dari 23 peserta di tahap penilaian awal. Setelah seleksi yang cukup ketat dipilih 10 tim untuk tahap kedua yakni presentasi dan pameran maket.

Tampil dalam tahap kedua, Tim UB harus bersaing dengan tim-tim dari Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Al Azhar, Universitas Palangkaraya, dan Universitas Mataram.

Dari sepuluh tim, UB berhasil menurunkan dua tim, yakni Tim Mugiwara-64 di bawah bimbingan Anggara Wiyono Wit Saputra, M.Tech dan Tim Cipolenti-64 di bawah bimbingan Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT.

Malam puncak sekaligus pemberian penghargaan berlangsung Sabtu (3/12) di Aula Utama Universitas Mataram (Unram), tempat acara digelar. Sementara Tim Cipolenti-64 meraih Juara Harapan I.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Pendidikan
  2. Universitas Brawijaya
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA