1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Simbol kepala singa Arema digunakan bak sampah oleh DKP

Kepala singa yang selama ini menjadi simbol Arema (Arek Malang) menjadi bak-bak sampah indah yang dipasang di beberapa titik kota Malang.

Tempat sampah kepala singa © 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko. ©2016 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Rabu, 11 Mei 2016 16:15

Merdeka.com, Malang - Kepala singa yang selama ini menjadi simbol Arema (Arek Malang) menjadi bak-bak sampah indah yang dipasang di beberapa titik. Bak sampah dengan bagian atas berbentuk kepala singa sengaja dibuat oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang.

Setiap titik terdapat tiga kotak sampah dengan warna yang berbeda, yakni  hijau, biru dan merak. Tempat sampah tersebut sengaja untuk para pejalan kaki.

Bak warna hijau diperuntukkan untuk sampah organik, warna biru untuk sampah anorganik dan warna merah untuk sampah B3 (Bahan Baku Beracun).

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang, Erik Setyo Santoso mengatakan, sengaja memilih simbol Arema agar familiar dan mudah dikenali oleh masyarakat.

"Didesain sebagai tong sampah tematik khas Arema, supaya masyarakat tahu dan lebih peduli," kata Erik Setyo Santoso di Malang, Rabu (11/5).

Tempat sampah kepala singa
© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko


Selain itu agar Arek Malang juga tergerak hatinya untuk ikut membuang sampah pada tempatnya. Ikut menciptakan Kota Malang menjadi lebih bersih.

DKP telah memasang 40 unit di jalan-jalan seputaran kawasan Jalan Tugu, Jalan Kertanegara, Jalan Kahuripan dan Jalan Mojopahit. Anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 100 juta.

Pemasangan dimulai Selasa (10/5)kemarin di lokasi-lokasi yang memang tempat sampahnya sudah rusak. Selain itu juga ditambah beberapa titik baru.

"Beberapa titik dipasang agar jarak tempat sampah satu dengan yang lain menjadi ideal," katanya.

Bak sampah tersebut berbahan plastik platicin dengan warna terang. Tampak beberapa orang membuang sampah di tempat tersebut. Sayang beberapa pengguna tidak membuang pada bak. Sesuai peruntukannya, padahal sudah dipilah dengan tulisan Organik. Angorganik dan B3.

Reporter: Darmadi Sasongko

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA