1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Sebelum mengerjakan Ujian Nasional, siswa SMP gelar doa bersama

Jelang mengerjakan soal Ujian Nasional, siswa SMP lakukan istighosah.

© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Selasa, 10 Mei 2016 10:05

Merdeka.com, Malang - Selain mempersiapkan diri dengan belajar, siswa juga dibekali dengan doa sebelum melaksanakan Ujian Nasional tingkat SMP. Dilansir dari Merdeka.com, hal itu terlihat pada siswa SMP Negeri 1 Kota Malang yang menggelar istighosah di musala, 30 menit sebelum mengerjakan soal ujian.

Di SMP Negeri 1 Kota Malang terdapat 248 siswa yang  mengikuti ujian. Pelaksanaannya sendiri terjadi dalam tiga gelombang yang masing-masing terdiri dari 83 orang. Para siswa yang mengikuti ujian diharap hadir 30 menit sebelum ujian.

Salah satu siswa yang ditemui Merdeka.com pada hari pertama ujian (9/5) menyatakan bahwa dia sudah datang 45 menit sebelum waktu ujian. Siswa kelas IX B bernama Ayu Dita tersebut kebagian mengikuti ujian gelombang kedua pada 09.00 WIB.

"Berdoa bersama dulu di musala agar diberi kelancaran. Ada lembaran yang dibaca, bacaan doa pagi," kata Ayu Dita pada senin (9/5).

Wahyu Widayati, guru mata pelajaran yang mendampingi pembacaan doa mengungkapkan, anak-anak diajak berdoa agar mendapat ketenangan. Siswa juga diminta tidak panik apalagi tergesa-gesa.

"Lembaran doanya dibuatkan oleh Guru Agama. Bacaannya doa pagi, istighfar, tahlil, tahmid, baca ayat Kursi, al-Ikhlas, al-Falaq, sekitar 30 menit," kata Wahyu.

Kepala Sekolah SMP 1 Kota Malang, Lilik Ermawati mengatakan, sejak awal memang para pelajar dipersiapkan mengikuti istighosah.

"Sebelum ujian berdoa, istighosah, salat dhuha. Yang memimpin doanya dari anak-anak sendiri. Guru hanya mendampingi," ujar Lilik.

Acara doa bersama ini juga merupakan bagian dari program sekolah yang berupaya untuk memupuk kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Info Kota
  2. Pendidikan
  3. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA