1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Malang dipilih untuk jalin kerjasama dengan kota di Korea Selatan

Minister Counsellor RI untuk Korea Selatan, M. Aji Surya temui Wakil Walikota Sutiaji untuk tawarkan kerjasama dengan salah satu kota di Korsel.

Wawali Sutiaji dengan Minister Counsellor RI untuk Korea Selatan, M. Aji Surya. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Sabtu, 05 November 2016 09:56

Merdeka.com, Malang - Pada jumat (4/11) Wakil Walikota (Wawali) Malang Drs. Sutiaji menerima secara langsung Minister Counsellor RI untuk Korea Selatan, M. Aji Surya yang bertempat di Ruang Tumapel, Balaikota Malang. Maksud dari pertemuan ini adalah penawaran kerjasama antara Malang dengan salah satu kota di Korea Selatan.

Dalam pertemuan tersebut, Sutiaji menyampaikan rasa terimakasih atas kehadiran Minister Counsellor RI untuk Korea Selatan yang sudah datang berkunjung ke Malang.

“Kita ingin menjalin silaturahim, bukan hanya sekedar kunjung mengunjung tapi mempunyai makna yang lebih dari itu dan ada nilai-nilai yang bisa dibangun di kedua negara, dari Indonesia maupun Korea Selatan,” ujar Sutiaji.

M. Aji Surya menyampaikan kedatangannya merupakan kesempatan besar dan baik untuk Kota Malang. Dia menyatakan bahwa sebelumnya menyambut delegasi dari kota di Korea Selatan yang ingin bekerjasama dengan salah satu kota di Indonesia.

“Saya kemari karena sebelumnya ada delegasi dari Nonsan City yang datang ke kami untuk mengajak kerjasama dengan mereka. Nonsan City sendiri merupakan sebuah kota kecil ditengah Korea Selatan yang saat ini menjadi salah satu perhatian pemerintah Korea Selatan dalam pengembangan Kota Smart City dan Agri Culture,” ungkap Aji.

Aji menjelaskan bahwa Nonsan City memiliki kemiripan dengan Kota Malang dengan lahan pertanian yang tidak terlalu besar dan kota yang sejuk. Nonsan City merupakan salah satu kota kecil dengan luas wilayah kurang lebih 500 Km², dan penduduknya hanya sekitar 130 ribu jiwa.

Terkait hal itu, Sutiaji mengatakan bahwa akan meningkatkan dan memfokuskan pengolahan hasil dan optimalisasi potensi lahan pertanian yang ada di Malang serta kelanjutan dari program Smart City.

“Jadi nanti kita akan membangun smart city, tapi ini masih dalam penjajakan, mungkin itu nanti yang kita kembangkan dan tidak hanya ini, dibidang lain juga seperti pertanian, pendidikan, dan budaya. Dan dalam waktu dekat rencananya, perwakilan Seoul juga akan kesini sehingga langsung ada MoU, dan kami juga akan kesana untuk kerjasama,” tandasnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Info Kota
  2. Ngalam Kipa
  3. Sutiaji
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA