1. MALANG
  2. KULINER

Rumah Meneer: cafe unik yang sodorkan menu cinta sejarah, mau coba?

Ini dia cara unik nongkrong yang gak bikin otak kosong, penasaran?

© 2016 merdeka.com. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Jum'at, 27 Mei 2016 17:19

Merdeka.com, Malang - Rumah Meneer,kafe yang terletak di halaman sebuah rumah bersejarah di jalan Semeru No.64 menyodorkan menu yang tak biasa. Berpijak pada keinginan besar untuk membangkitkan kecintaan arek-arek Malang akan bangunan-bangunan sejarah di Malang. Hal ini diharapkan berujung pada penghargaan besar para arek Malang pada sejarah Malang.

Tentang Rumah Meneer
Saat didatangi malang.merdeka.com beberapa waktu lalu, Bondan Nurtjahjono, pemilik sekaligus pendiri kafe Rumah Meneer bercerita tentang ketertarikannya yang besar pada sejarah bangunan-bangunan tua di Malang.

Ketertarikan tersebut pulalah yang mendorongnya untuk bercerita tentang sejarah Malang melalui cara yang disukai oleh muda-mudi Malang tentunya. Ide tersebutlah yang kemudian melahirkan Rumah Meneer, sebuah kafe yang dikonsep untuk memperkenalkan kekayaan sejarah yang disimpan oleh Malang.

"Rumah Meneer itu berangkat dari sebuah pergerakan cinta bangunan bersejarah Malang. Kita pinginnya kita berkontribusi, tanpa harus merusak bangunan aslinya," ungkap pria yang memiliki hobi olahraga ektrem tersebut.

Bondan melanjutkan bahwa dirinya dan beberapa kawan yang membantunya ingin memulai dari satu rumah bersejarah yang ada di Malang. Oleh karena itu, dia memilih lokasi bangunan rumah bersejarah yang terletak di kawasan jalan Semeru.

Menu sejarah ala Rumah Meneer
Melihat lebih dekat kafe Rumah Meneer, saat pertama kali memijakkan pandangan ke arahnya, kamu akan menangkap hawa sejarah di dalamnya. Terutama saat kamu membuka menu makanan yang ditawarkan saat kamu sudah duduk dengan tenang di salah satu kursi yang tersedia. Ada yang berbeda dari menu makanan yang ditawarkan kafe yang satu ini.

Design menu Kafe Rumah Meneer yang edukatif
© 2016 merdeka.com/Istimewa

Saat membuka buku menu makanan, yang akan kamu temukan adalah beberapa deret menu makanan dan minuman yang disisipi dengan sejarah bangunan-bangunan tua di Malang. Salah satunya bercerita tentang sejarah bangunan tua yang kini halamannya digunakan Rumah Meneer untuk menjamu para pelanggan yang datang.

Berbicara soal menu, tak hanya dikemas dengan cara yang unik. Rumah Meneer juga menawarkan berbagai menu makanan dan minuman yang diolah dengan menggunakan resep kuno warisan sejak jaman Belanda. Jika kamu penasaran dengan menu andalan Rumah Meneer, kamu bisa mencoba menu burger atau nasi goreng. Rasanya bisa buat lidah kamu ketagihan, lho!

Selain nasi goreng, burger juga jadi menu andalan Rumah Meneer
© 2016 merdeka.com/Siti Rutmawati

Desain kafe yang cozy
Nah, buat kamu yang masih bingung mau nongkrong kemana malam ini, Rumah Meneer bisa jadi salah satu kafe yang dituju. Pasalnya, lokasinya yang berada di ruang terbuka ditambah dengan penataan tempat yang asik, sangat pas buat nongkrong. Penataan kafe ini pun terbilang unik. Beberapa spot kafe ditata dengan cara yang berbeda-beda. Jadi, kamu bisa memilih sendiri suasana nongkrong yang kamu inginkan.

Rumah Meneer
© 2016 merdeka.com/Rizky Wahyu Permana

Saat berada di kafe ini, kamu jangan heran jika tak menemukan fasilitas wifi seperti pada kafe-kafe pada umumnya. Hal ini memang di sengaja oleh pemilik kafe. Dasar idenya adalah orang-orang datang ke kafe tersebut untuk menghabiskan waktu bersama kawan atau keluarga. Jadi, sebisa mungkin kafe membantu untuk mengurangi interaksi seseorang dengan smartphone yang dimiliki.


Hal ini memang tak jauh dari kondisi sekarang di mana sebagian besar orang seringkali asik sendiri dengan smartphone bahkan saat bertemu dan berkumpul bersama orang-orang terdekat. Pemilik kafe berharap dengan ditiadakannya wifi di kafe ini akan membantu menghangatkan suasana nongkrong di antara para pelanggannya.

Harga bersahabat dari Rumah Meneer
Soal harga, menu-menu di kafe ini dibandrol dengan harga yang terjangkau. Buat kamu yang berencana nongkrong dalam waktu dekat ini, Rumah Meneer menawarkan harga miring untuk semua menunya. Kafe ini akan memanjakan kantongmu dengan diskon 50% untuk semua menu yang ditawarkan, tanpa syarat apapun. Diskon ini hanya berlaku sampai akhir Mei ini, lho! Bagaimana, tertarik mencoba?

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Kuliner
  2. Kafe
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA