1. MALANG
  2. KULINER

Mengajak lidah berkelana di Republik Soto Malang

Republik Soto Malang memiliki dua varian soto dengan pakem yang berbeda dan citarasa yang sama-sama lezatnya.

Republik Soto Malang © 2016 merdeka.com/Rizky Wahyu Permana. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Minggu, 24 Juli 2016 00:19

Merdeka.com, Malang - Wilayah jalan Trunojoyo kota Malang memang merupakan salah satu titik yang sangat tepat untuk berburu makanan enak. Terletak di tengah kota dan beririsan dengan stasiun Kota Baru, wilayah ini dipenuhi oleh berbagai tempat makan dan nongkrong yang lezat. Sejak pagi hingga tengah malam jalan ini seakan tak pernah mati dan memiliki deretan warung dan tempat makan yang buka bergantian.

Mulai dari Nasi Bhuk Matirah yang legendaris hingga serabi imut yang digandrungi anak muda, terdapat pilihan hidangan yang dapat dipilih sesuai selera di jalan Trunojoyo ini. Di pagi hari, salah satu warung yang dapat dituju untuk mengisi perut dan membangkitkan semangat adalah Republik Soto Malang.

Walaupun masih cukup baru tapi rasa dari warung soto ini sungguh luar biasa dan dapat diadu dengan berbagai warung soto legendaris yang ada di Malang. Namun satu hal yang membuat soto ini berbeda dibanding warung soto lain adalah karena menyajikan soto daging dan soto ayam dalam satu warung. Tidak hanya sampai situ saja, kedua soto ini memiliki citarasa yang betul-betul berbeda dan sangat lezat.

Soto ayam di warung ini menggunakan pakem soto kampung khas Malang namun dengan varian tambahan berupa bihun. Seperti lazimnya soto kampung, terdapat kentang rebus, telur, kubis, koyah serta penggunaan ayam kampung pada soto ini. Hasil dari berbagai campuran itu adalah sebuah soto yang sangat lezat dengan kuah yang begitu sedap dann kaya akan kaldu ayam. Penggunaan ayam kampung juga menyebabkan walau kental namun kuahnya cukup ringan untuk dinikmati dan tidak terlalu berminyak.

Republik Soto Malang
© 2016 merdeka.com/Rizky Wahyu Permana

Pada soto daging, jenis soto yang muncul akan sangat berbeda karena menggunakan pakem khas soto Madura. Soto daging ini hadir dengan taburan kecambah, telur rebus, serta koyah yang menumpuk di atas daging dan nasi. Karena jenis soto yang berbeda maka kuah yang digunakan mengandung kuah sapi. Hasil akhirnya adalah berupa semangkuk soto dengan kelezatan khas sapi dari soto Madura.

Harga dari kedua soto ini tergolong cukup murah untuk kota Malang, soto ayam dihargai Rp. 10.000 sedangkan soto daging dihargai Rp. 12.500. Walaupun cukup murah, namun penjualnya tidak pelit mengenai takaran daging di dalam sotonya. Daging ayam dan sapi pada tiap porsi cukup melimpah dan dengan citarasa kaldu yang sudah terserap sempurna.

Untuk soto ayam, ada berbagai pilihan mulai yang biasa hingga dengan tambahan ini ampela ati dan ceker, tentu saja semua memiliki rasa yang cukup lezat. Republik Soto Malang terletak di jalan Trunojoyo nomor 29 Malang, tepatnya di depan Serabi Imut. Setiap hari, warung ini buka mulai pukul 06.00 hingga 15.00.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Makanan Khas Malang
  2. Kuliner
  3. Makanan Tradisional
  4. Kuliner Murah
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA