1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Gandeng AMR,#PahlawanDigital ajak anak muda belajar enterpreneurship lewat Wisata UKM

Menggandeng paguyuban Amazing Malang Raya, #PahlawanDigital ajak anak muda belajar jadi pengusaha melalui kegiatan Wisata UKM.

#PahlawanDigital. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 19 Oktober 2017 18:09

Merdeka.com, Malang - Setelah melewati 10 kali roadshow di beberapa kampus di Malang, #PahlawanDigital berhasil menjaring sebanyak masing-masing 50 peserta untuk dua kategori yaitu buzzer dan crafter. Buzzer merupakan peserta yang akan membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai digital marketer. Sedangkan crafter akan bertanggung jawab mengemas ulang dan melakukan branding untuk produk UKM.

Sebelum melaksanakan tugasnya, #PahlawanDigital terlebih dahulu mengenalkan para peserta dengan para UKM di kota Malang untuk belajar banyak menjadi pengusaha dalam kegiatan bertajuk Wisata UKM. Dalam kegiatan ini, #PahlawanDigital menggandeng Amazing Malang Raya (AMR), yang dikenal sebagai paguyuban terbesar di kota Malang.

AMR merekomendasikan beberapa UKM-nya untuk dikunjungi peserta #PahlawanDigital pada Minggu (15/10) lalu. Yakni, Omah Daster Bordir Khas Malang dan Nanda Collection. Omah Daster Bordir Khas Malang merupakan UKM yang fokus memproduksi aneka daster dengan sentuhan bordir. Tak main-main, beberapa pelanggan daster bordir Eva berasal dari kalangan pejabat Republik Indonesia. Sedangkan Nanda Collection merupakan UKM yang bergerak di bidang kerajinan tangan dengan bahan dasar kain.

Nanda Collection tercatat telah mengikuti berbagai ajang pameran bertaraf nasional dan internasional. "Wisata UKM ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berwirausaha anak muda agar setelah lulus kuliah mereka dapat menjadi wirausaha dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan empati anak muda terhadap pelaku UKM. Ternyata untuk terjun ke dunia UKM itu diperlukan mental, konsistensi dan persistensi yang kuat," tutur Kepala Hubungan Masyarat PT Beon Intermedia dan #PahlawanDigital, Rizky Kurniawan Suhyar.

Ketua paguyuban AMR, Nanang Sugeng, menyampaikan apresiasinya atas kegiatan yang diinisiasi #PahlwanDigital tersebut. "Kami sangat senang jika banyak anak muda yang tertarik belajar berwirausaha. Kami di sini memfasilitasi para peserta #PahlawanDigital agar mereka tahu semakin banyak tentang seluk beluk UKM," tuturnya.

Wisata UKM #PahlwanDigital
© 2017 merdeka.com/Istimewa

Senada dengan itu, Septhian Cahya Nugraha mengungkapkan, ia banyak mendapat pelajaran berharga setelah bertukar pikiran dengan para pelaku UKM. Septhian merupakan salah satu mahasiswa Universitas Islam Malang yang ikut serta dalam kegiatan Wisata UKM tersebut.

"Pelajaran dapat saya ambil adalah saya harus bisa berinteraksi lebih banyak lagi dengan UKM karena secara tidak sadar UKM di Malang memiliki potensi yang luar biasa namun mereka memiliki keterbatasan dengan dunia digital," papar pria yang tengah menggeluti bisnis susu sapi ini.

Pasca pelaksanaan Wisata UKM, #PahlawanDigital siap melaju ke tahap berikutnya. Yakni, mempertemukan 50 UKM dengan 50 buzzer dan 50 crafter untuk membentuk tim masing-masing, pada minggu pertama November. Nantinya, satu UKM akan didampingi oleh satu buzzer dan satu crafter.

#PahlawanDigital adalah program yang diinisiasi oleh Jagoan Hosting berkolaborasi didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. #PahlawanDigital merupakan program kolaborasi yang menjembatani anak muda dan UMKM yang belum Go Online untuk melakukan re-packaging dan re-branding produk UMKM lokal agar dapat bersaing di pasar Internasional. Program kolaborasi ini  terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu Roadshow, Breakout dan Online Course. Untuk saat ini, #PahlawanDigital baru dilaksanakan di kota Malang dan akan merambah ke kota lainnya di Indonesia. Informasi tentang #PahlawanDigital dapat diakses melalui website www.pahlawandigital.com. 

Sementara, Jagoan Hosting Indonesia merupakan bagian dari PT Beon Intermedia. Yakni, perusahaan yang bergerak di bidang penyedia layanan web hosting di Indonesia. Jagoan Hosting mengedepankan layanan paling jago, namun tetap dengan harga web hosting murah.

Selama sepuluh tahun lebih, Jagoan Hosting Indonesia membantu memudahkan masyarakat Indonesia untuk Go online. Sebanyak lebih dari 50.000 account domain dan hosting telah mempercayakan pelayanannya. Jagoan Hosting Indonesia juga telah banyak bekerja sama dengan berbagai partner bisnis internasional seperti Google dan Verisign.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. #PahlawanDigital
  2. UMKM
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
ZONA TURIS