1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Tak biasa, ini cara prajurit TNI AU rayakan HUT Kemerdekaan RI

Semarakkan HUT Kemerdekaan RI, prajurit TNI AU gelar sederetan perlombaan unik di Lanud Abdulrahman Saleh, Selasa (16/08).

© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 17 Agustus 2016 15:59

Merdeka.com, Malang - Prajurit TNI Angkatan Udara (AU) di lingkungan Lapangan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh menggelar aneka perlombaan menyambut HUT ke-71 RI. Selama peringatan HUT RI, Lanud Abdulrachman Saleh Malang menggelar delapan jenis perlombaan.

Pesertanya terdiri dari para prajurit dan keluarga TNI AU. Perlombaan meliputi tarik tambang, balap karung secara estafet, tarik ban Hercules, adu cepat tangkap belut, terompah panjang, memasukkan pensil ke botol, dan lain-lain.

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Marsma Djoko Senoputro mengatakan, perlombaan digelar buat memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Kegiatan diikuti oleh sekitar 1600 personel.

"Kemeriahan seperti ini digelar setiap tahun. Dengan perlombaan-perlombaan seperti ini badan menjadi sehat dan kuat, selain ikut memeriahkan HUT RI," katanya, Selasa (16/8), seperti dilansir dari merdeka.com.

Melirik kemeriahan perlombaan, adu cepat menarik ban pesawat Hercules merupakan salah satu permainan yang terlihat unik. Para peserta lomba terdiri dari para prajurit yang bertugas di tujuh satuan kerja (Satker) di lingkungan Lanud Abdulrachman Saleh. Masing-masing satker harus mengirimkan satu tim yang harus beradu ketangkasan.

Tim terdiri dari lima orang harus menarik ban Hercules sepanjang lintasan. Lintasan dibuat di Stadion Dirgantara Komplek Lanud dengan sepanjang 50 meter. Ban diikat dengan tali tampar yang digenggam erat oleh para peserta. Setiap tim harus beradu cepat untuk mencapai finish dengan menarik ban Hercules seberat sekitar 250 kilogram.

Prajurit TNI AU balapan tarik ban Hercules
© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko

Karena tenaga penuh saat menarik ban, para peserta beberapa kali kesulitan menghentikan kecepatan larinya. Suasana meriah penuh sorak-sorai saat masing-masing tim beradu cepat di jalan lintasan.

"Latihannya berenang, volly ball dan setiap hari lari. Bagi kami tidak berat karena setiap hari olahraga," kata Serda Lutfi Yahya, salah satu anggota Tim dari Satpom AU yang menjadi Juara I, di Stadion Dirgantara Komplek Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Lutfi dan kawan-kawan mengaku tidak melakukan persiapan khusus menghadapi perlombaan tarik ban Hercules. Kondisi kesehatan fisik menjadi modal utamanya.

"Tidak ada persiapan khusus. Capek tidak masalah demi kemeriahan memperingati HUT Kemerdekaan RI," tegasnya yang disambut teman-temannya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Peristiwa
  2. Kabupaten Malang
  3. HUT RI
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA