1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Pemkot Malang usulkan peningkatan status bandara Abdul Rahman Saleh

Pemkot Malang kirim surat usulan kepada presiden untuk peningkatan bandara Abdul Rahman Saleh menjadi bandara internasional.

©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Sabtu, 03 Juni 2017 16:42

Merdeka.com, Malang - Setelah sebelumnya Pemkab Malang mengusulkan untuk peningkatan status bandara Abdul Rahman Saleh, kali ini Pemerintah Kota Malang mengusulkan hal yang serupa. Dilansir dari Antara Jatim, Wali Kota Malang, H. Mochammad Anton mengemukakan usulan untuk menjadikan bandara Abdul Rahman Saleh sebagai bandara internasional.

Abah Anton bahkan mengatakan bahwa hal itu sudah dibicarakannya dengan Presiden Joko Widodo ketika mengunjungi Malang beberapa waktu lalu.

"Kami sudah melayangkan surat kepada Presiden RI Joko Widodo terkait usulan peningkatan Bandara Abd Saleh sebagai bandara internasional. Dan, pengiriman surat ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan saya dengan presiden ketika beliau melakukan kunjungan kerja ke kota Malang," kata Anton.

Dalam pertemuan tersebut, Abah Anton mengatakan dirinya menyampaikan mengenai pentingnya kebutuhan bandara yang lebih representatif. Terkait peningkatan status jadi bandara internasional ini, Abah Anton mencapaikan beberapa alasan seperti jumlah wisatawan asing dan domestik yang setiap tahun terus meningkat, baik di wilayah Kota Malang, Kota Batu maupun Kabupaten Malang.

Menurut Abah Anton, Jokowi tampak cukup tertarik dengan pemaparan mengenai peningkatan status bandara tersebut. Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta tiga kepala daerah di Malang Raya mengajukan surat peingkatan status bandara tersebut kepada presiden.

"Saya sudah menindaklanjuti saran bapak presiden. Kemarin (Rabu, 31/5) surat sudah kami layangkan. Isinya tentang pertimbangan kenapa kami membutuhkan bandara yang lebih representatif, baik panjang maupun lebar landasannya (runway)," ucapnya.

Surat pengajuan peningkatan status bandara Abdul Rahman Saleh itu dilayangkan melalui Kementerian Perhubungan. Surat itu juga ditembuskan kepada Bupati Malang dan Wali Kota Batu.

"Karena lokasi bandara ada di Kabupaten Malang, semua pihak termasuk Lanud Abd Saleh harus berbicara bersama. Nanti pemerintah pusat yang akan mempertemukan semua pihak, jika rencana peningkatan kelas Bandara Abd Saleh dilaksanakan," tandasnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Jokowi
  2. Abah Anton
  3. Lapangan Udara Abdul Rachman Saleh
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA