1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Kota Malang dipercaya menjadi tuan rumah POPWIL IV tahun 2016

Pekan Olahraga Pelajar Wilayah IV tahun 2016 dilaksanakan di kota Malang pada tanggal 22-25 november 2016 untuk menjaring atlet peserta POPNAS.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Selasa, 22 November 2016 18:02

Merdeka.com, Malang - Kebanggaan tersendiri diperoleh oleh kota Malang dengan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) IV Tahun 2016. Pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya kegiatan POPWIL ini diadakan di ibukota provinsi.

Pembukaan kegiatan POPWIL IV ini dilaksanakan pada senin (21/11) di GOR Ken Arok kota Malang dengan diikuti oleh 1400 atlet dan 300 official dari 7 kontingen peserta dari Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Timur. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Malang, H. Mochammad Anton dengan di dampingi oleh Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani.

Dalam sambutannya, Abah Anton menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan dengan menjadikan kota Malang sebagai tempat kegiatan. Tentu hal ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri sekaligus diharapkan dapat memotivasi masyarakat kota Malang untuk mampu terus meningkatkan prestasi di bidang olahraga.

Pelaksanaan POPWIL IV tahun 2016 ini merupakan agenda rutin Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali untuk menjaring atlet yang berhak lolos ke POPNAS XIV tahun 2017 di jawa tengah.

"Ajang kompetisi seperti ini memang diperlukan sebagai sarana menjalin persahabatan antar peserta dan official, menumbuhkan rasa saling menghormati, serta menanamkan rasa kebersamaan seluruh komponen POPWIL yang pada gilirannya merupakan sarana untuk membangun Indonesia melalui olahraga," ujar Abah Anton.

"Karena melalui kejuaraan inilah kita tanamkan mental juara sehingga dikemudian hari dengan pembinaan yang berjenjang dan berkesinambungan dapat melahirkan atlet berbakat yang dapat mengharumkan nama Indonesia ke tingkat internasional," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Supratomo menyampaikan bahwa kota Malang dipilih menjadi tuan rumah POPWIL IV karena dinilai memiliki fasilitas olahraga paling lengkap di antara 38 kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur. Ajang perhelatan olah raga antar pelajar ini terdiri dari delapan cabang olahraga. Delapan cabor tersebut yaitu bola basket, badminton, sepak bola, sepak takraw, bola voli, pencak silat, tenis meja, dan tenis lapangan.

Pertandingan akan diselenggarakan pada tanggal 22-25 November 2016 di Balai Pertiwi Universitas Ma Chung, GOR Ken Arok, GOR Tenis Jalan Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Stadion Gajayana, GOR Kanaya Malang, Taman Krida Budaya, dan Gedung FIK UM.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Info Kota
  2. Olahraga
  3. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA