1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Hujan Lebat mengguyur Malang, 37 rumah terendam banjir di Pakis

Sebanyak 37 rumah di Dusun Lowok Suruh, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang terendam air antara 50 cm hingga 4 meter.

37 rumah terendam banjir di Lowok Suruh © 2017 merdeka.com/Darmadi Sasongko. ©2017 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Selasa, 04 April 2017 08:55

Merdeka.com, Malang - Akibat hujan deras sejak sore hingga malam yang mengguyur Malang dan sekitarnya menyebabkan sejumlah rumah dan fasilitas umum terendam banjir.

Sedikitnya 37 rumah di Dusun Lowok Suruh, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang terendam air antara 50 cm hingga 4 meter.

Bagyo Setiono, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang mengungkapkan banjir akibat hujan lebat di wilayah Malang sebelah Utara dan Timur. Akibatnya debit air Sungai Bango meningkat dan meluap ke rumah-rumah warga.

"Aliran air dari Sungai Bango meluap sehingga aliran Sungai Mendit dan aliran irigasi Pakis tertahan," kata Bagyo Setiono, Selasa (4/4) dini hari.

37 rumah terendam banjir di Lowok Suruh
© 2017 merdeka.com/Darmadi Sasongko

Kata Bagyo, banjir merendam wilayah 5 RT dan sebagian besar warganya harus mengungsi. Warga, khususnya perempuan, anak-anak dan orangtua sementara waktu mengungsi di beberapa fasilitas umum dan kerabat terdekat.

"Langkah awal yang sudah dilakukan, yakni mengungsikan warga terdampak ke lokasi aman," katanya.

Pihaknya juga terus melakukan pemantauan tinggi air sungai dan genangan. Sejumlah personel BPBD dari berbagai terus membantu warga.

37 rumah terendam banjir di Lowok Suruh
© 2017 merdeka.com/Darmadi Sasongko

"Beberapa titik air sudah mulai surut, dan diharapkan segera kembali normal. Warga semoga aman-aman dan kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Sementara itu berdasarkan pengakuan warga, banjir datang dengan tiba-tiba dan begitu cepat masuk ke rumah. Sebagian warga masih sempat menyelamatkan barang-barang rumah tangganya.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Peristiwa
  2. Kabupaten Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA