1. MALANG
  2. KABAR MALANG

GAMAL siap ambil bagian dalam aksi 4 November

Massa Gerakan Aswaja Malang Raya (Gamal) siap menggelar aksi bela Alquran dan mendesak proses hukum Ahok, 4 November 2016.

Muhammad Luthfi Rahman. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 03 November 2016 15:42

Merdeka.com, Malang - Turut ambil bagian dalam aksi 4 November, Massa Gerakan Aswaja Malang Raya (Gamal) akan menggelar aksi bela Alquran dan mendesak proses hukum Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) atas dugaan penistaan agama. Sebelumnya, aksi serupa pernah dilakukan gabungan Ormas Islam se-Malang Raya tersebut dengan menghadirkan seribu orang.

Dilansir dari merdeka.com, Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Kota Malang, Kompol Dodot Dwianto mengungkapkan, persiapan pengamanan telah dilakukan oleh jajaran Polres Kota Malang. Pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait, terutama setelah surat pemberitahuan diterima.

"Sudah ada surat pemberitahuan dari Gamal. Sudah kita persiapan pengamanannya," kata Dodot Dwianto di Mapolresta Malang, Kamis (3/11).

Tak jauh berbeda dengan aksi sebelumnya, massa diperkirakan berjumlah seribu orang akan long march dari Masjid Jamik menuju Balai Kota Malang. Massa akan terlebih dahulu menjalankan Salat Jumat dan berjalan menyusuri Jalan Majapahit.

Pengamanan akan melibatkan sebanyak 910 personel aparat gabungan. Polres Kota Malang menurunkan sebanyak 500 personel, Polres Malang (Kabupaten) sebanyak 100 personel, Polres Batu sebanyak 2 peleton atau 60 personel.

Pihaknya juga dibantu aparat TNI yang juga menurunkan sebanyak 2 pleton atau 60 personel. Selain ditambah dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebanyak 60 orang dan Petugas Dinas Perhubungan sebanyak 30 personel.

"Kita hanya mengimbangi saja. Supaya unjuk rasa bisa berjalan aman, tertib tidak ada yang mengganggu. Mereka akan menggelar orasi secara bergantian, ya kita amankan," kata Dodot.

Kapolres Kota Malang AKBP Decky Hendarsono menuturkan pihaknya mengimbau kepada para peserta aksi untuk ikut menjaga kondisi Kota Malang. Pihaknya akan memberikan ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya sesuai dengan ketentuan.

"Sepanjang tidak mengganggu keamanan, tidak merusak dan tidak mengganggu masyarakat lain tidak masalah," katanya.

Selama massa aksi berlangsung akan dilakukan perubahan arus lalu lintas dan penutupan sementara. Karena jalan yang dilalui tidak begitu panjang, dipastikan tidak begitu berpengaruh. 

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA