1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Yuk, kenalan dengan KB Non Hormonal!

Sudah kenal dengan KB Non Hormonal? Yuk, kenali manfaatnya di sini! KB jenis ini tidak bikin gemuk, lho!

Ilustrasi Keluarga. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Senin, 10 Juli 2017 15:45

Merdeka.com, Malang - Program Keluarga Berencana (KB), tentu bukan hal asing lagi bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, termasuk di Malang. Berbagai macam metode KB sudah beredar dan mudah didapatkan masyarakat. Namun, sudahkah Anda mengetahui tentang KB Non Hormonal?

KB Non Hormonal merupakan alat kontrasepsi yang tidak mengandung hormon. Sehingga, penggunaannya tidak mempengaruhi kondisi hormonal dalam tubuh.

Sebenarnya, metode KB Non Hormonal bukanlah hal baru di masyarakat. Sebab, sebagian masyarakat sudah pernah menggunakannya. Memiliki jenis yang beragam, metode KB Non Hormonal ini dapat ditemukan pada beberapa jenis alat kontrasepsi. Sebut saja, kondom, IUD dan medis operasi (steril untuk pria dan wanita).

KB Non Hormonal memiliki banyak keuntungan dibanding KB yang mengandung hormon (KB Hormonal). Pasalnya, penggunaan KB Non Hormonal tidak mempengaruhi hormon, sehingga efek sampingnya lebih kecil.

Akseptor yang memakai KB Non Hormonal, tidak perlu khawatir dengan beragam efek samping yang kerap muncul pada KB Hormonal. Seperti kenaikan berat badan, menstruasi yang tidak teratur, ASI yang tidak lancar, kesuburan susah kembali, sakit kepala atau gairah seksual menurun. Bahkan, penggunaan KB Hormonal yang terlalu lama atau lebih dari empat tahun, bisa meningkatkan risiko hipertensi dan kanker.

Bagi akseptor yang memiliki riwayat penyakit seperti TBC, jantung, paru-paru, diabetes, gondok, dan kanker, disarankan menggunakan KB Non Hormonal. Tujuannya, agar tidak berisiko serta tidak mempengaruhi selama proses pengobatan.

Penggunaan KB Non Hormonal, ternyata memberikan banyak keuntungan bagi akseptor. Jika ingin menggunakan alat kontrasepsi dengan metode ini, jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu pada bidan, atau dokter di wilayah Anda.

Reporter: Vizcardine Audinovic

PILIHAN EDITOR

 

(SR)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA