1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Urusan selingkuh sampai utang piutang warnai Tanggapan DCS Bacaleg Kota Malang

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Malang telah menerbitkan Daftar Calon Sementara (DCS) bakal calon anggota legislatif (Bacaleg).

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Minggu, 19 Agustus 2018 14:22

Merdeka.com, Malang - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Malang telah menerbitkan Daftar Calon Sementara (DCS) bakal calon anggota legislatif (Bacaleg). Selama tahap tanggapan dalam rentang 12 - 21 Agustus, masyarakat diminta memberikan tanggapan atas para bacaleg tersebut.

Komisioner Divisi Sosialisasi dan Humas KPUD Kota Malang, Ashari Husein mengatakan, materi tanggapan yang masuk justru berkaitan dengan masalah pribadi. Tanggapan yang masuk tersebut di antaranya urusan asmara, tepatnya dugaan perselingkuhan dan konflik utang piutang.

"Datang memberi tanggapan, tapi kan gak masuk ranah kita," kata Ashari Husein, Kamis (16/8).

Laporannya tersebut menyatakan kalau salah satu bacaleg perempuan yang terdapat dalam DCS pernah berselingkuh. Laporan itu disampaikan oleh suaminya sendiri. Selain itu, juga masuk laporan ke KPUD terkait urusan utang piutang.

"Kita enggak bisa terima atau diabaikan karena kami hanya menerima pengaduan yang terkait administratif syarat calon. Termasuk yang enggak bisa tadi masalah utang piutang," jelasnya.

Kata Husein, tanggapan yang bisa diproses KPUD harus berkaitan dengan administrasi calon legislatif di antaranya urusan ijazah atau surat keterangan lainnya.

Tercatat 535 nama masuk dalam DCS dari 581 orang yang mendaftar melalui 14 partai politik. Dua partai politik tidak mengajukan bakal calonnya yakni Partai Garuda dan PKPI.

Selanjutnya pada tahap verifikasi, 19 nama dicoret lantaran tidak memenuhi persyaratan, di antaranya dari Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Perindo masing-masing satu orang, dari Partai Berkarya sebanyak dua orang, PPP sebanyak 5 orang, PAN sebanyak 3 orang, dan PBB sebanyak 6 orang.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Politik
  2. Kota Malang
  3. Pemilu 2019
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA