1. MALANG
  2. KABAR MALANG

UMKM Kota Malang baru 3 persen yang Go Online

Berupaya mendongkrak ekonomi riil dengan meningkatkan pertumbuhan UMKM, Pemerintah menyediakan ekonomi digital melalui penjualan online.

Ilustrasi Online Shop. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Jum'at, 07 Juli 2017 16:19

Merdeka.com, Malang - Pemerintah terus berupaya mendongkrak ekonomi riil dengan meningkatkan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Malang. Upaya tersebut salah satunya dengan menyiapkan ekonomi digital melalui penjualan online.

Potensi UMKM memiliki daya tarik tersendiri oleh penyedia platform online. Namun baru sekitar 3 persen UMKM Kota Malang yang memanfaatkan sarana internet atau go online.

"Kota Malang penyuplai produk terbanyak di Tokopedia, dan UMKM yang sudah go online hanya 3 persen," ujar Deo Nathaniel, pengusaha bisnis online Tokopedia di ruang rapat Walikota Malang, Kamis (6/7).

Workshop edukasi Platform Online bagi UMKM di Kota Malang
© 2017 merdeka.com/Humas Pemkot Malang

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Komunitas Digital serta Tokopedia, mengadakan workshop edukasi bagi para UMKM untuk memasuki platform online.

Deo bersama Gatot Wahyu dari Komunitas Pahlawan Digital bertemu Walikota Malang dalam rangka edukasi program UMKM Go Online to One Million. Bersama mereka juga perwakilan Kementerian Komunikasi dan Infomasi Bambang Tri Santoso, Rizki Amelia dan Zainal A.

Workshop edukasi Platform Online bagi UMKM di Kota Malang
© 2017 merdeka.com/Humas Pemkot Malang

Kunjungan tersebut diterima Walikota Malang, Mochammad Anton, dengan didampingi oleh Asisten Administrasi Perekonomian, Asisten Administrasi Umum dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang

"Program ini sangat perlu ditindaklanjuti, karena peningkatan UMKM jika tidak dibantu Pemerintah Kota maupun Pemerintah Pusat akan tetap kembang kempis," ujar Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Malang, Supranoto.

Karena dari jumlah 70.000 pengusaha di Kota Malang, tambah Supranoto sekitar 90 persen adalah pengusaha mikro. Ia berharap program UMKM Go Online to One Million dapat dijadikan program berkelanjutan.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Bisnis
  2. Info Kota
  3. Ekonomi
  4. Kota Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA