1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Kirab Adipura Kirana usung tematik edukatif kendaraan hias

Raih penghargaan Piala Adipura Kirana, Pemerintah Kota Malang gelar Kirab tematik edukatif.

© 2016 merdeka.com/Rizky Wahyu Permana. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Sabtu, 30 Juli 2016 16:53

Merdeka.com, Malang - Nama Kota Malang semakin dikenal lantaran berbagai prestasi yang diraihnya. Berbagai prestasi di segala bidang telah ditorehkan oleh kota terbesar kedua di Jawa Timur ini. Terbaru, Kota Malang berhasil menyabet Piala Adipura Kirana. Merayakan kebahagian tersebut, pemerintah Kota Malang akan menggelar Kirab Penghargaan Adipura Kirana 2016, Minggu (30/07).

Rencananya, Kirab Penghargaan Adipura kirana akan diberangkatkan dari Jl. Ijen dan berakhir di depan kantor DPRD Kota Malang. Kirab ini akan diikuti oleh Walikota Malang, H. Moch Anton, Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani, dan forkopimda Kota Malang, serta seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang.

Tak hanya, Piala Adipura Kirana, sederetan prestasi lain yang telah diraih Kota Malang pun akan turut meramaikan kirab tersebut. Sebut saja, Plakat Adipura bagi Taman Terbaik Nasional untuk Kategori Kota Besar, Penghargaan Kalpataru Kategori Perintis Lingkungan, penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi, serta penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM tahun 2016.

"Penghargaan ini, sebagai bukti pengakuan dari pemerintah pusat kepada Kota Malang yang dinilai berhasil mewujudkan tata kelola lingkungan dan taman yang bersih" tutur Abah Anton, sapaan akrab Walikota Malang. "Untuk itu, saya berharap dengan adanya kirab kali ini, dapat semakin memotivasi masyarakat agar terus meningkatkan kepeduliannya kepada lingkungan, agar masyarakat juga dapat berbangga hati atas piala adipura kirana ini" sambungnya.

Tak cukup puas dengan itu, beberapa kesenian dan kendaraan hias pun akan disisipkan untuk memeriahkan kirab tersebut. Tujuannya, agar Kirab Penghargaan Adipura Kirana tak sekedar perayaan belaka.

Lebih dari itu, terdapat sisi edukasi bagi masyarakat, seperti pengenalan beberapa kesenian tradisional, pengenalan pola perilaku hidup bersih dan sehat, serta pasar rakyat menuju pasar bersih. Beberapa kesenian tradisional yang dimaksud seperti, berbagai atraksi, tarian cucuk lampah, atraksi kesenian barongsai, penampilan drumband, serta tarian masal grebek sambrang.

"Berbagai elemen masyarakat pun akan turut serta pada kirab ini, hal ini dikarenakan raihan Piala Adipura ini juga merupakan peran serta aktif seluruh masyarakat di Kota Malang" jelas Abah Anton.

Setelah kirab berakhir, Piala Adipura Kirana akan di bawa ke Balaikota Malang untuk diserahkan kepada Ketua DPRD Kota Malang.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Info Kota
  2. Peristiwa
  3. Malang Kreatif
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA