1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Jalin kemitraan, kota Malang dan Fuqing tandatangani 'Sister City'

Pemerintah Kota Malang dan Fuqing, Republik Rakyat Tiongkok menjalin penandatanganan kerjasama 'Sister City', Senin (17/4).

Kota Malang dan Fuqing Tandatangani Sister City. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Selasa, 18 April 2017 05:48

Merdeka.com, Malang - Pemerintah Kota Malang dan Fuqing, Republik Rakyat Tiongkok menjalin penandatanganan kerjasama 'Sister City'. Penandatanganan dokumen dilakukan oleh Walikota dari kedua kota tersebut, di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Senin (17/4).

Walikota Malang, Mochammad Anton dalam sambutannya, mengaku bangga dapat menjalin kerjasama saling menguntungkan kedua pihak. Kerjasama yang disepakati meliputi bidang perdagangan, pendidikan, pariwisata, kebudayaan dan lain-lain.

"Semoga ke depannya mampu menjalin kemitraan dan program kerjasama yang dapat menopang kemajuan pembangunan serta hubungan kemasyarakatan di antara dua negara," kata Abah Anton, di hadapan Walikota Fuqing, Zhang Fan.

Disampaikan oleh Abah Anton, demikian disapa, kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur, di mana pembangunan bidang pendidikan menjadi prioritas utama. Saat ini terus dikembangkan pendidikan vokasi, inklusif dan sekolah model.

Sementara sebagai kota pariwisata, Malang banyak ditopang berbagai aspek sarana dan prasarana seperti hotel, rumah makan, jasa traveling, pusat perbelanjaan dan pasar wisata.

Pemkot Malang juga terus berupaya mengoptimalkan langkah menciptakan lingkungan yang lebih hijau, asri dan indah. Upaya yang dilakukan di antaranya revitalisasi taman kota serta ruang terbuka hijau dengan menggandeng berbagai perusahaan swasta dan perbankan.

"Bantuan itu dituangkan dalam bentuk CSR sehingga tidak membebani APBD," ungkapnya.

Walikota Fuqing, Zhang Fan dalam sambutannya mengatakan, kerja sama 'Sister City' mendekatkan hubungan dua kota dan dua negara.

"Kehadiran saya di sini mewakili Komite di Fuqing serta 1,35 juta penduduk untuk kerjasama dengan Kota Malang," kata Zhang Fan.

Kota Fuqing memiliki sumber daya alam besar di samping sumber dana masyarakat yang melimpah. Fuqing merupakan salah satu daerah dengan perkembangan ekonomi yang paling bergairah di Tiongkok.

Kota Malang dan Fuqing Tandatangani Sister City
© 2017 merdeka.com/Humas Pemkot Malang

Kerjasama Malang dan Fuqing sudah terjalin dengan sangat erat lewat banyaknya yang merantau ke kota Malang.

"Sejak 15 Desember 2015 rombongan dari kota Malang sempat berkunjung ke Fuqing mengadakan kunjungan kerja dan menandatangani nota kesepahaman kedua belah pihak," kata Zhang Fan.

Berdasarkan rekomendasi bidang urusan perantauan di Fuqing, disepakati untuk meningkatkan hubungan dari kerjasama persahabatan memasuki tahap menguntungkan bagi kedua belah pihak.

"Ini sekaligus melambangkan pertukaran dan kerjasama memasuki era baru yang lebih luas dan lebih mencapai sasaran. Apalagi saat ini Fuqing sedang memasuki tahap perkembangan yang cepat," urainya.

Zhang Fan berharap kerjasama ini dapat memberikan dampak positif bagi kedua daerah. Sehingga tujuan bersama dapat direalisasikan dengan baik dan maksimal.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Abah Anton
  2. Info Kota
  3. Ekonomi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA