1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Ini alasan Tari Saman ikut meriahkan hari jadi kabupaten Malang!

Tari Saman memang terkenal berasal dari Serambi Mekah Aceh. Namun, tak disangka jejaknya pun ditemukan di desa Sumberkerto, kabupaten Malang.

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Selasa, 25 Oktober 2016 14:21

Merdeka.com, Malang - Bupati Malang Rendra Kresna secara resmi membuka acara Lomba Tari Saman dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-1256 kabupaten Malang, di Pendopo Kabupaten Malang, Senin (24/10). Lomba tari saman ini berlangsung selama enam hari dari tanggal 24-29 Oktober 2016. Lomba ini diikuti oleh 76 group perwakilan peserta dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) dan Kecamatan se-Kabupaten Malang.

Bung Rendra-sapaan akrab Rendra Kresna- melalui sambutannya menyampaikan, tari dan lagu merupakan bagian dari sebuah kesenian, seperti halnya tari Saman.

"Berbicara lagu dan tari adalah merupakan bagian dari kesenian. Seperti halnya tari Saman, kita bisa melihat dari gerakan tarinya, syair lagunya merupakan bentuk kesenian dalam rangka mendekatkan diri dengan sang pencipta," ungkap Rendra.

Kesenian tari saman, kata Rendra, harus terus di lestarikan. Tari Saman di kabupaten Malang, sempat tumbuh dan berkembang di desa Sumberkerto, kecamatan Pagak.

"Memang kesenian tari saman ini di masing-masing daerah ada, bahkan di negara-negara yang mayoritas penduduknya Muslim pasti ada kesenian tari Saman. Maka dari itu kita wajib melestarikan warisan budaya ini," terangnya.

Rendra berharap upaya keras sebagaimana telah dilakukan selama proses persiapan lomba tersebut tidak hanya berhenti pada pelaksanaan lomba.

Rendra berharap kesenian ini bisa ditularkan pengetahuannya kepada masyarakat. Sehingga, ke depan akan lebih mudah mensosialisasikan kesenian tari Saman kepada masyarakat.

"Kepada para generasi muda dengan mengikuti kesenian saman mereka tidak akan lari ke kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat. Tapi jutru masuk kedalam kegiatan yang ada manfaatnya baik itu dari segi keagamaan dari sisi nilai persatuan maupu hal yang lain", harapnya.

Lomba Tari Saman dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-1256 Kabupaten tersebut, dibuka oleh penampilan tari Saman dari desa Sumberkerto Kecamatan Pagak. Hadir juga dalam acara pembukaan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Seluruh Kepala SKPD, Camat, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Event
  2. Peristiwa
  3. Seni
  4. Kabupaten Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA