1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Menguak kisah hingga manfaat kurma Ajwa, kesukaan Rasullallah

Yuk, kenali lebih dekat tentang kurma kesukaan Rasullallah di sini!

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 08 Juni 2016 14:07

Merdeka.com, Malang - Kenal dengan kurma Ajwa? Ya, ini adalah jenis kurma yang disebut-sebut sebagai favorit Rasullallah SAW. Tak heran, jika kurma ini juga dikenal dengan nama kurma nabi. Nah, agar kamu lebih kenal dengan kurma yang identik dengan warna hitam dan berukuran mungil ini, simak kisah hingga manfaatnya, yuk!

Kisah penamaan Ajwa
Siapa sangka, nama Ajwa yang melekat pada kurma ini ternyata berasal dari nama anak seorang muallaf. Berdasarkan kisah, Ajwa adalah nama anak dari Salman Alfarisi.

Dia adalah seorang Nasrani yang akhirnya memeluk agama Islam. Alfarisi adalah seorang muallaf yang mewakafkan kebun kurmanya untuk perjuangan Islam. Untuk mengingat dan menghargai Alfarisi, Rasullallah akhirnya menamakan buah kurma yang disukainya dengan nama Ajwa.

Kandungan dalam Kurma Ajwa
Seperti yang dilansir melalui merdeka.com, kandungan gula di dalam buah kurma berbeda dengan buah lainnya. Karena, gula di dalam kurma tak perlu dipecahkan oleh enzim sebelum menjadi glukosa. Kurma Ajwa mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh seperti protein, zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin C.

Manfaat Kurma Ajwa
Berdasarkan kandungan yang dimilikinya, setidaknya kurma Ajwa menyimpan 7 manfaat ini bagi kesehatan. Langsung disimak, yuk!

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh
Pasalnya kurma Ajwa mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh seperti protein, zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin C.

2. Membantu mengatasi masalah pencernaan dalam tubuh
Kandungan potasium dalam kurma Ajwa membantu melancarkan sistem pencernaan, otot yang lemah, dan meredakan stres.


3. Mencegah penyakit jantung dan diabetes melitus
Kurma Ajwa disebut-sebut mampu mencegah penyakit jantung dan diabetes melitus. Ini berkat kandungan zat besi, kalsium, niacin, kalium yang tersimpan di dalamnya.


4. Membantu produksi ASI bagi ibu menyusui
Kurma Ajwa adalah salah satu makanan yang dianjurkan bagi ibu menyusui, karena membantu meningkatkan produksi air susu sang ibu.


5. Membantu perkembangan otak anak
Kandungan nutrisi dalam kurma Ajwa dapat membantu perkembangan otak anak, sekaligus membantu meningkatkan kecerdasan otaknya.


6. Membantu menjaga kesehatan tulang
Kalsiuma dalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga agar tulang tetap sehat. Karenaitu, kurma Ajwa juga bermanfaat menjaga kesehatan tulang karena kandungan kalsium di dalamnya.

PILIHAN EDITOR

 

(SR)
  1. Seputar Ramadan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA