1. MALANG
  2. KABAR MALANG

IAIN Palu rata dengan tanah usai gempa, Menag buat kebijakan khusus

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin berjanji akan melakukan kebijakan khusus agar segera pulih.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 10 Oktober 2018 10:06

Merdeka.com, Malang - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu mengalami kehancuran akibat bencana gempa bumi. Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin berjanji akan melakukan kebijakan khusus agar segera pulih.

"Kita akan secara khusus untuk IAIN Palu, karena ini hancur sama sekali. Kita akan mengeluarkan kebijakan khusus untuk IAIN Palu, khususnya untuk anggaran 2019," kata Lukman Hakim Saifudin di Universitas Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Kota Malang, Senin (9/10).

Menteri Lukman Hakim mengaku masih harus menunggu masa darurat selesai, sebelum kemudian melakukan identifikasi kerusakan. Selanjutnya akan dilakukan sejumlah langkah, agar mahasiswa di sana dapat kuliah kembali.

"Mahasiswa-mahasiswanya ada dua hal, pertama membangun tenda-tenda darurat tempat yang ruang kuliah baru, tapi juga kita akan mengembangkan kuliah di IAIN yang berdekatan dengan Palu. Ada IAIN Paloko, dan beberapa yang berdekatan dengan Sulteng, Sulawesi Tenggara," katanya.

"Ini yang sedang dipersiapkan, sehingga bisa segera para mahasiswa kembali melanjutkan proses belajar mengajar," katanya.

Tim di lapangan masih bekerja pada tahap darurat yakni memenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang terdampak dari gempa bumi dan tsunami. Semua tim yang di lapangan masih berusaha memenuhi kebutuhan pokok dari mulai kebutuhan makanan, air bersih, pakaian, tenda-tenda, termasuk akses. Setelah tahap tersebut dilalui, baru kemudian dilakukan identifikasi.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. UIN Maulana Malik Ibrahim
  2. Bencana Alam
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA