1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Muhadjir Effendy, dari rektor UMM hingga jadi Mendikbud

Reshuffle kabinet mengantarkan mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Muhadjir Effendy menduduki kursi jabatan Mendikbud.

© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Rabu, 27 Juli 2016 18:12

Merdeka.com, Malang - Perombakan kabinet yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla telah mengantarkan mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang menjadi menteri pendidikan. Dilansir dari Merdeka.com, reshuffle kabinet ini membuat Muhadjir Effendy menggantikan Anies Baswedan.

Sebelumnya, Muhadjir pernah cukup lama menduduki jabatan sebagai rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yaitu mulai 20p0 hingga awal 2016 lalu. Sebelum ditunjuk menjadi menteri, dia juga menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Gelar guru besar bidang Sosiologi diperoleh Muhadjir dari Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Sedangkan pendidikan doktoralnya ditempuh di di Universitas Airlangga, Surabaya dengan disertasi 'Pemahaman Tentang Profesionalisme Militer di tingkat Elit TNI-AD'. Hal itu lah yang membuatnya juga dianggap sebagai pengamat militer.

Muhadjir juga tercatat memiliki disiplin ilmu yang cukup variatif. Pada awalnya dia menyelesaikan gelar sarjana muda di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Malang (Sekarang Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang) dan kemudian mendapat gelar sarjana dari IKIP Malang (sekarang Universitas Negeri Malang). Sementara pendidikan S2-nya di bidang Magister Adminisitrasi Publik (MAP) ditempuh di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Pria kelahiran Madiun, 29 juli 1956 ini juga pernah menempuh pendidikan Short Course, Regional Security and Defence Policy, National Defence University, Washington D.C., USA, 1993. Kemudian Short Course, Management for Higher Education, Victoria University, British Columbia, Canada, 1991.

Sebelum menjadi rektor pada tahun 2000, Muhadjir sudah kenyang pengalaman menjadi Pembantu Rektor. Tercatat dia pernah menjadi Pembantu Rektor I Bidang Akademik, Pembantu Rektor III/ Bidang Kemahasiswaan UMM dan Sekretaris PR III / Badan Koordinasi Kemahasiswaan (BKK) di Universitas Negeri Malang (IKIP Malang).

Muhadjir juga aktif di Indonesian Association For The Advancement Of Social Sciences tahun 2013 sampai 2017, menjabat Ketua Perhimpunan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (PKB-PII) Jawa Timur, Anggota Dewan Pakar Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Jawa Timur.

Selain itu, semasa muda dia juga pernah aktif sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Malang, Ketua Bidang Pendidikan KNPI Kodya Malang dan Ketua Pelajar Islam Indonesia (PII) Daerah Malang.

Beberapa buku juga telah lahir dari pemikiran bapak tiga anak ini, di antaranya adalah: Seperti Menyaksikan Dahlan Muda, Menata Kualitas Pendidikan Muhammadiyah, Muhammadiyah dan Pendidikan di Indonesia, Revitalisasi Pendidikan Muhammadiyah: Di Tengah Persaingan Nasional dan Global, Jati Diri dan Profesi TNI: Studi Fenomenologi, serta Profesionalisme Militer: Profesionalisasi TNI, Pedagogi Kemanusiaan: Sebuah Refleksi Multidimensional dan lain-lain.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Inspiratif
  2. Pendidikan
  3. Tokoh
  4. Ngalam Kipa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA