1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Mensos resmikan desa Jabung sebagai Desa Mandiri Sejahtera

Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah Indar Parawansa meresmikan desa Jabung sebagai Desa Sejahtera Mandiri berbasis Ekonomi Kreatif.

Mensos Khofifah Indar Parawansa. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Selasa, 14 Maret 2017 12:09

Merdeka.com, Malang - Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah Indar Parawansa meresmikan desa Jabung sebagai Desa Sejahtera Mandiri berbasis Ekonomi Kreatif, Minggu (12/3) sore. Sebagai desa percontohan, Jabung diharapkan mampu mempertahankan kemandirian masyarakat untuk mencapai cita-cita menjadi desa sejahtera.

"Sekarang desa Jabung sebagai Desa Percontohan mari kita pertahankan untuk menjadikan masyarakat yang mandiri yang sejahtera. Jika rakyatnya mandiri sejahtera saya yakin masyarakat desa Jabung menjadi semakin maju," papar Khofifah.

Selain itu, Khofifah mengimbau agar masyarakat mempunyai kartu Indonesia Sehat (KIS). "Jangan sampai warga DSM (Desa Sejahtera Mandiri) tidak mempunyai KIS (Kartu Indonesia Sehat) nanti jika tidak punya kartu akan menjadi (sadikin) sakit sedikit jadi miskin. Untuk itu ibu kades mohon mendata ulang warga yang berhak mendapatkan KIS untuk di daftarkan," tuturnya.

Peresmian Desa Mandiri Sejahtera
© malangkab.go.id/malangkab.go.id

Sementara itu, Bupati Malang, Rendra Kresna menyampaikan pencapaian Jabung sebagai Desa Mandiri berkat adanya kerjasama dari berbagai pihak. "Semua ini bisa tercapai karena kita mau bekerja sama terutama kepada Dinas Sosial, Ibu Kades, dan adik-adik KKN dari Universitas Islam Malang yang telah membina masyarakat untuk mengubah mindset masyarakat desa yang sekarang mulai memproduksi dari bahan gelonggongan menjadi bahan yang layak di jual. Sekali lagi saya berterima kasih kepada Unisma dan warga Desa Jabung semuanya," tutur Rendra.

Peresmian Jabung sebagai Desa Mandiri Sejahtera dilakukan langsung oleh Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa. Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Mensos, Bupati Malang, dan Rektor Unisma. Secara resmi Jabung di nyatakan sebagai Desa Mandiri Sejatera yang menjadi salah satu desa percontohan di Indonesia.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Peristiwa
  2. Kabupaten Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA