1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Hercules hibah dari Australia telah tiba di Lanud Abdulrachman Saleh

Kekuatan Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang bertambah lagi dengan bergabungnya pesawat Hercules A-1335 dari hibah Australia.

Lanud Abdulrachman Saleh Malang terima pesawat hibah Hercules dari RAAF Australia © 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Rabu, 09 November 2016 16:03

Merdeka.com, Malang - Kekuatan Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang bertambah lagi dengan bergabungnya pesawat Hercules A-1335. Dilansir dari Merdeka.com, pesawat ini merupakan hibah dari Royal Australian Air Force (RAAF) Australia.

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI RM Djoko Senoputro mengungkapkan, kehadiran armada A-1335 menambah jumlah pesawat jenis Herky (sebutan Hercules). Saat ini jumlah Herky yang ada di Skadron 32 sebanyak 16 pesawat.

"Datang di Indonesia sekitar dua minggu lalu di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Baru dikirimkan ke Lanud Abdulrachman Saleh Malang kemarin," kata Djoko di Lanud Abdulrachman Saleh Malang, selasa (8/11).

Djoko menceritakan bahwa pesawat Hercules secara sejarah telah terbukti mendukung operasi dalam angkut personel dan logistik. Selain itu, tak hanya operasi militer saja, pesawat ini juga memiliki andil yang besar dalam bidang kemanusiaan sehingga bertambahnya kekuatan ini dapat mendukung tugas mereka ke depannya.

Tak lupa Djoko juga mengimbau jajarannya untuk lebih alert dalam perawatan berkala dan menyeluruh mengingat kebutuhan operasional pesawat yang begitu besar. Djoko berharap bahwa pesawat ini sendiri dapat beroperasi secara maksimal.

Lanud Abdulrachman Saleh Malang terima pesawat hibah Hercules dari RAAF Australia
© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko

Skadron Udara 32 sendiri, salah satu tugasnya adalah mengoperasikan dan memelihara sampai tingkat sedang pesawat Hercules C-130 dalam mendukung tugas operasi TNI AU. Semua pesawat dituntut siap operasional kapanpun dibutuhkan.

Djoko juga mengingatkan kepada air crew maupun non crew serta seluruh warga Lanud Abdulrachman Saleh untuk senantiasa mengedepankan budaya safety (keamanan). Semuanya dituntut melaksanakan prosedur sesuai standard operasional procedure (sop) dalam kondisi apapun.

"Jangan pernah terjebak dalam budaya rutinitas, yang akan menimbulkan kerugian baik personel maupun materiil," katanya.

Kedatangan Hercules A-1335 ini sendiri dipiloti oleh Letkol Pnb Agus Rohimat dan Lettu Pnb Andika. Kedatangannya menyusul Hercules A-1334 yang tiba tujuh bulan sebelumnya. Begitu pesawat tiba, langsung dilakukan penyambutan dengan apel pasukan dan acara penyiraman air bunga oleh Danlanud ke moncong pesawat. Penyiraman juga dilakukan oleh Komandan Depohar 30 dan Komandan Wing 2, sebagai tanda peresmian memperkuat Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud.

Selanjutnya dilakukan juga penyiraman pada dua pilot yang membawa pesawat tersebut ke Malang. Danlanud kemudian membuka penutup badge Skadron Udara 32 yang berada di sebelah kiri pesawat.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Info Kota
  2. Lapangan Udara Abdul Rachman Saleh
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA