1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Gempa sebabkan 12 rumah rusak ringan di kabupaten Malang

Guncangan gempa Rabu (16/11) malam akibatkan 12 rumah rusak ringan di Pangelaran, kabupaten Malang.

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 17 November 2016 15:57

Merdeka.com, Malang - Guncangan gempa semalam, Rabu (16/11) pukul 22.10 WIB mengakibatkan 12 rumah di kabupaten Malang mengalami kerusakan ringan. Kerusakan dipicu oleh getaran yang membuat atap sejumlah rumah berjatuhan.

Dilansir dari merdeka.com, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bagyo Setiyono mengungkapkan kerusakan terjadi secara menyebar di beberapa kecamatan. Namun kerusakan dalam kategori ringan.

"Kerusakan ringan terjadi di Kecamatan Pagelaran dan Sumbermanjing Wetan. Sekitar 12 laporan yang menyatakan kerusakan ringan," kata Bagyo Setiyono saat dihubungi, Kamis (17/11).

Bagyo menjelaskan, hingga saat  ini belum ada laporan yang menyatakan kerusakan parah akibat gempa. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah kepala desa dan camat.

"Semalam saya sweeping ke daerah pesisir selatan seperti Pujiharjo, tidak ditemukan kerusakan parah," terangnya.

Pihaknya terus melakukan koordinasi dan identifikasi terkait kemungkinan adanya kerusakan. Selain itu juga dilakukan pengecekan sejumlah data yang sudah diterima.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafie Lutfie meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan foto-foto yang tersebar di masyarakat. Karena beberapa foto setelah dilakukan pengecekan tidak benar.

"Kita lakukan assessment dengan menerima semua laporan masyarakat baik melalui camat maupun kepala desa. Hanya di Kecamatan Pangelaran saja yang menyatakan adanya kerusakan," katanya.

Kerusakan dalam bentuk atap genting rontok yang oleh pemiliknya secara cepat langsung dibenarkan. BPBD masih terus menunggu perkembangan.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Peristiwa
  2. Kabupaten Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA