1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Bulan Film Nasional 2017, rayakan di Malang dengan caramu!

Parade Film Malang (PFM) bakal menggelar serangkaian kegiatan untuk menyambut Bulan Film Nasional 2017. Gabung, yuk!

©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Selasa, 28 Februari 2017 15:17

Merdeka.com, Malang - Layaknya pengetahuan umum, tanggal 30 Maret telah ditetapkan sebagai Hari Film Nasional sejak  1950 silam. Momen itu bertepatan dengan hari pertama syuting film Doa dan Darah, yang menurut catatan sejarah dianggap sebagai film Indonesia pertama. Menjelang harinya, kini setiap tahun di bulan Maret diperingati sebagai Bulan Film Nasional.

Merayakan Bulan Film Nasional, banyak kegiatan yang bakal digelar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Malang. Di kota dingin ini, sudah kedua kalinya diadakan Parade Film Malang (PFM) dengan rangkaian acara yang disusun sepanjang sebulan penuh. Di antaranya, ada pemutaran film dari kampung ke kampung, juga acara nonton bareng di alun-alun kota.

Parade Film Malang 2017
© 2017 merdeka.com/Istimewa

Banyaknya kegiatan yang diselenggarakan pada Bulan Film Nasional ini, menjadi bentuk perayaan bagi film-film Indonesia yang sudah banyak diproduksi, baik itu secara mayor maupun independent. Sudah sepatutnya, kita sebagai masyarakat Indonesia mengapresiasi hasil karya tersebut, dengan ikut menonton suguhan dari para pelaku industri film itu.

Tak hanya menonton film saja, masih banyak kegiatan lain yang dilakukan di sepanjang Bulan Film Nasional. Tahun ini, PFM pun telah merancang beberapa kegiatan, di antaranya seperti screening film di cafe-cafe dan pemukiman penduduk, sesi diskusi di akhir acara, workshop ke sekolah-sekolah menengah yang ada di kota dan kabupaten Malang serta kota Batu.

Menjalankan kegiatan seputar film selama sebulan penuh, tentunya PFM bergerak dengan banyak pendukung. Di 2017 ini, ada beberapa komunitas yang ikut bergabung seperti Lelakon, Gambaroba, Forum Animasi Malang (FAM), Lensa Mata, Mata-Mata Projek, Kineklub UMM, Nol Derajat, Societo Sineklub, AKBER, Kopi Manis UB, BloggerNgalam, Teater Ruang Karakter, Wlingiwood, juga Pelangi Sastra.

Dalam momen ini, PFM membuka pintu selebar-lebarnya untuk pihak-pihak yang ingin ikut merayakan. Tercatat sudah ada beberapa cafe dan pemukiman penduduk yang akan menggelar screening, juga sekolahan yang akan didatangi tim PFM untuk berbagai workshop. Tak hanya itu saja, akan ada pula pertunjukan musik dengan membawakan soundtrack film.

Well, mari kita rayakan film, ikutlah berpartisipasi dengan caramu!

 

 

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Event
  2. Malang Kreatif
  3. Film
  4. Parade Film Malang 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA