1. MALANG
  2. KULINER

Nikmatnya menyantap soto sambil memandang jalan Ijen

Soto Guntur memiliki lokasi strategis dengan cita rasa khas soto daging Madura.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Sabtu, 30 April 2016 12:30

Merdeka.com, Malang - Makan di kaki lima selalu memberikan perasaan yang sangat berbeda dari sekedar di warung. Salah satu hal yang didapatkan dari bersantap di kaki lima adalah pemandangan yang berbeda dan menatap langsung ke jalan.

Perasaan seperti itu lah yang juga bisa didapat ketika menyantap soto Madura Guntur ini. Soto ini berapa di jalan Guntur, tepat sebelah Utara dari gereja Ijen. Lokasinya yang berada di ujung jalan Guntur menyebabkan lapak soto ini memiliki pemandangan yang langsung ke boulevard jalan Ijen.

Namun bukan hanya lokasi saja yang menjadi nilai lebih dari soto ini. Rasa kuah yang sangat gurih dan khas dari soto Madura menyebabkan soto ini menjadi memiliki perpaduan rasa yang luar biasa. Olahan bumbu soto yang khas ini dipelajari oleh Toyib dari resep warisan nenek dan ibunya.

Lapak soto Guntur ini juga sudah berjualan cukup lama sejak tahun 1999. Diakui oleh Toyib, sang penjual bahwa sejak pertama kali berjualan hingga sekarang, dia tidak pernah berpindah tempat dan selalu di jalan Guntur.

Soto Guntur
© 2016 merdeka.com/Rizky Wahyu Permana

Di samping gerobak soto ini ada juga penjual sate ayam yang tidak kalah lezatnya. Daging ayam yang begitu lembut dengan kuah yang juga lezat menjadikan sate ini bisa jadi teman yang sempurna untuk disantap bersama soto.

Biasanya oleh penjual soto juga disediakan tempe goreng dan telur asin yang cukup lezat untuk melengkapi semangkuk soto daging Madura. Harga dari soto ini pun juga cukup murah yaitu hanya 12.000 Rupiah dan 10.000 Rupiah dipatok untuk setiap 10 tusuk sate ayam.

Setiap harinya Toyib biasa membawa daging antara 4-5 kilogram. Campuran daging dan jerohan yang dimilikinya biasanya cukup untuk 70 mangkok soto. Jumlah itu sangat banyak mengingat jam berjualannya yang hanya 4 jam sehari.

Soto daging Madura Guntur biasanya mulai berjualan jam 8 pagi dan habis jam 12 siang. Jam yang sama juga berlaku untuk sate ayam. Jadi jangan sampai kesiangan jika ingin mencicipi lezatnya soto daging dan sate ayam di jalan Guntur.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Kuliner
  2. Kuliner Kaki Lima
  3. Makanan Tradisional
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA