1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Tidak ada jalur prestasi di PPDB kota Malang 2016

Perubahan yang terjadi pada PPDB kota Malang 2016 membuat jalur prestasi menjadi hilang dan dilebur di online reguler.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Sabtu, 18 Juni 2016 11:24

Merdeka.com, Malang - Terdapat dua jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kota Malang di tahun 2016 ini. Kedua jalur tersebut adalah online wilayah dan online reguler. Munculnya jalur online wilayah ini sedikit berbeda dengan PPDB tahun lalu yang memiliki jalur online reguler dan prestasi. Lalu kemanakah jalur prestasi pada tahun ini?

Sesuai namanya, jalur online wilayah yang digunakan pada tahun ini memang sangat berbeda dari jalur prestasi yang digunakan pada tahun lalu. Jika di jalur prestasi, penerimaan peserta didik didasari pada prestasi akademik maupun non-akademik yang dimilikinya, jalur online wilayah lebih menitikberatkan pada jarak wilayah rumah siswa dengan sekolah.

Penentuan jauh dekatnya rumah di jalur online wilayah ini didasarkan pada daftar yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan. Jadi caranya adalah setiap SMP dan SMA negeri di kota Malang dibagi dengan sistem zona berdasar kelurahan. Sekolah tertentu akan menerima siswa yang berasal dari kelurahan tertentu sesuai dengan daftar yang ada. Jalur penerimaan ini mengakomodasi 25 persen siswa baru dari pagu yang dimiliki sekolah.

Jalur online wilayah ini terbatas untuk SMP dan SMA saja, sedangkan untuk SMK tidak ada karena masing-masing sekolah memiliki keahlian yang khas. Walaupun jalur prestasi sudah dihapuskan, tetapi siswa dengan prestasi-prestasi khusus tetap mendapat kemudahan untuk masuk ke sekolah-sekolah tertentu hanya saja tidak dibuat jalur khusus seperti tahun lalu.

Siswa-siswa yang berprestasi ini dapat mendaftar melalui jalur online reguler. Untuk penilaian prestasi ini sendiri akan ditentukan oleh sebuah tim independen yang dibentuk oleh Dinas Pendidikan Kota Malang. Terdapat batasan untuk prestasi sehingga tidak semua dapat jadi pertimbangan untuk memudahkan masuk ke sekolah.

Piagam atau sertifikat prestasi yang dapat disodorkan hanyalah berupa prestasi akademik, Olimpiade Sains Nasional, siswa teladan, bidang olahraga, bidang seni budaya, bidang agama, serta pramuka. Batasan prestasi ini adalah tingkat provinsi atau lebih tinggi. Dari prestasi yang dimiliki ini kemudian siswa akan direkomendasikan kepada sekolah tertentu yang dipilih oleh Dinas Pendidikan sesuai dengan kompetensinya.

Walaupun saat ini jalur PPDB 2016 hanya melalui online wilayah dan online reguler namun prestasi seorang calon siswa juga masih dapat menjadi pertimbangan untuk mendaftar sekolah. Untuk informasi lebih lengkap mengenai PPDB kota Malang 2016, langsung masuk ke malang.siap-ppdb.com.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Info Kota
  2. Pendidikan
  3. PPDB 2016
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA