1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Begini prosedur pendaftaran PPDB 2016 di kota Malang

Tahun ini kota Malang menggunakan dua jalur penerimaan siswa baru yaitu online wilayah dan online reguler.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Jum'at, 17 Juni 2016 16:12

Merdeka.com, Malang - Terdapat sedikit perbedaan yang akan terjadi pada alur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kota Malang di tahun 2016 ini. Mekanisme dan proses seleksi PPDB SMP dan SMA pada tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, Dinas Pendidikan kota Malang akan lebih mengakomodasi para calon siswa yang memiliki rumah dekat dengan sekolah tertentu melalui sebuah jalur khusus.

Pada tahun ini, terdapat dua jalur seleksi bagi calon siswa yang akan masuk ke SMP dan SMA Negeri yaitu melalui jalur online wilayah dan online reguler. Perbedaanya adalah tidak adanya jalur prestasi seperti yang ada pada tahun lalu. Agar orang tua dan calon siswa tidak bingung, maka perlu dipahami mengenai dua jalur ini.

Pada jalur yang pertama yaitu melaluiĀ  online wilayah, penerimaan siswa akan dipertimbangkan melalui lokasi tempat tinggalnya. Jalur penerimaan ini cukup berbeda dan baru diterapkan untuk PPDB tahun 2016 ini. Lokasi kelurahan tempat tinggal calon siswa dapat menentukan di sekolah mana dia dapat mendaftar melalui jalur online wilayah ini.

Kuota penerimaan siswa melalui jalur ini adalah 25 persen dari total pagu di sekolah. Pada jalur ini, selain Nilai Ujian Nasional (NUN), lokasi rumah merupakan salah satu pertimbangan dapat masuk sekolah. Pertimbangan dekat rumah dan sekolah ini berdasar daftar yang dikeluarkan oleh Disdik mengenai kelurahan asal calon siswa dengan sekolah yang dapat dipilihnya melalui jalur ini.

Jalur online wilayah akan dilaksanakan lebih dahulu dibanding jalur online reguler. PPDB jalur Online Wilayah ini akan digelar mulai tanggal 27 hingga 28 juni 2016. Pengumuman juga tidak berlangsung lama yaitu pada tanggal 29 juni dan langsung melakukan daftar ulang pada sekolah yang menerima di tanggal 30 juni.

Jalur penerimaan yang kedua adalah melalui jalur online reguler. Cara pendaftaran melalui jalur ini juga masih sama dengan tahun sebelumnya. Jalur online reguler menerima kuota 75 persen dari total pagu yang dimiliki sebuah sekolah. Namun walau jumlahnya besar, diperkirakan persaingan untuk masuk di sekolah tertentu terutama yang unggulan masih akan sengit. Belum lagi dengan adanya kuota 5 persen dari pagu yang diberikan kepada siswa luar daerah.

Pendaftaran jalur online reguler akan dilaksanakan pada 30 juni hingga 1 juli 2016. Pengumuman bagi siswa yang diterima adalah pada tanggal 2 juli. Daftar ulang ke sekolah dilaksanakan pada 14 dan 15 juli 2016. Seluruh proses mulai pendaftaran hingga daftar ulang baik jalur online wilayah maupun online reguler tidak dipungut biaya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa siswa yang mengundurkan diri atau tidak mendaftar ulang pada jalur online wilayah tidak dapat mendaftar melalui jalur online reguler. Segala informasi terkait PPDB 2016 akan ditampilkan dalam laman malang.siap-ppdb.com.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Info Kota
  2. Pendidikan
  3. PPDB 2016
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA