1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Metro FC gelar program bagi pemain muda untuk timba ilmu di Barcelona

Metro FC siap helat program bagi para pemain muda untuk dikirim ke Spanyol dan Portugal.

Pelatih sekaligus manager Metro FC, Raja Isa. ©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Rabu, 22 Februari 2017 14:12

Merdeka.com, Malang - Sebuah program ambisius siap dihelat Metro FC dan Djoko Purwoko Football Foundation (DPFF) dalam mengembangkan talenta muda pesepakbola Indonesia. Dilansir dari Bola.net, mereka bakal mengirim tim U-12 dan U-15 ke Spanyol dan Portugal.

Pelatih sekaligus manager Metro FC, Raja Isa mengungkapkan bahwa alam program yang dijadwalkan dihelat pada penghujung Maret 2017 ini, mereka akan mengirim tim U-12 ke La Masia yang merupakan tempat pembinaan bibit-bibit muda milik raksasa sepakbola Barcelona. Sementara, tim U-15 bakal dikirim ke mantan klub Cristiano Ronaldo, Sporting Lisbon.

"Tujuan utamanya adalah membentuk karakter para pemain muda ini agar mereka berpikir positif, mampu berada di panggung luar negeri," ujar Raja Isa.

Raja Isa menyebut alasan memilih menjadikan La Masia dan Sporting Lisbon sebagai tujuan. Menurutnya, secara postur pemain Spanyol dan Portugal sangat cocok bagi pesepakbola Indonesia. Selain itu, Timnas Indonesia juga dilatih pelatih asal Spanyol, Luis Milla.

"Namun, SDM kita tertinggal agak jauh. Karenanya, kita belajar agar bisa mengejar ketertinggalan tersebut," paparnya.

Pelatih asal Malaysia ini mengaku bahwa pada program tahun ini masih belum dimungkinkan bagi para pesepakbola belia ini menimba ilmu langsung di La Masia atau ikut trial di akademi tersebut. Namun, dengan hubungan baik yang terjalin dia optimis para pemain ini bakal bisa mendapat kesempatan tersebut.

"Saya optimistis. Namun, pada tahun pertama, tujuan kita sekadar menunjukkan pada para pemain dan memberi mereka motivasi," tuturnya.

Raja Isa menyebut bahwa akan ada seleksi untuk memilih pemain-pemain yang mengisi dua klub tersebut. Seleksi akan digelar di empat kota yaitu Malang, Solo, Jakarta dan Bandung. Selain seleksi, di empat kota ini juga akan dihelat coaching clinic bagi para pelatih.

"Dari masing-masing tim, sesuai pengalaman saya, akan diisi 20 orang," ujar eks pelatih Persipura ini.

Program ini diharap Raja Isa dapat membuat lebih banyak pemain Indonesia yang merumput di luar negeri. Tak sebatas negara tetangga saja, dia juga berharap ada pemain Indonesia yang bermain di kompetisi dengan level di atas sepakbola negara-negara Asia Tenggara.

"Saya ingin mendengar ada pemain yang merumput di Korea Selatan, Jepang dan negara-negara lain," tandasnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Olahraga
  2. Metro FC
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA