1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Dinas Koperasi gelar Workshop Manajemen Pengelolaan Permodalan

Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang gelar Workshop Manajemen Pengelolaan Permodalan bagi pengurus koperasi di Hotel Sahid Montana,16-17 Maret 2017

©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Jum'at, 17 Maret 2017 12:09

Merdeka.com, Malang - Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang menggelar Workshop Manajemen Pengelolaan Permodalan bagi pengurus koperasi di Hotel Sahid Montana. Acara yang diselenggarakan selama 2 hari 16-17 Maret ini, dihadiri sebanyak 60 oran. Peserta merupakan anggota koperasi KSP, KSU, KPRI, dan Koperasi TNI. Acara ini digelar dalam rangka menjalankan program pengembangan koperasi dan peningkatan kemampuan manajerial dalam pengelolaan koperasi usaha.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, Tri Widyani Pangestuti menyampaikan, pemerintah memberikan apresiasi sangat besar kepada koperasi. Tri Widyani menilai, koperasi merupakan wadah terbaik untuk pengembangan perekonomian Indonesia. Gelaran workshop ini diharapkan mampu menumbuhkan jiwa-jiwa gotong royong dalam pengembangan perekonomian, khususnya di wilayah Kota Malang.

"Sehingga nantinya, koperasi tidak hanya bergerak dibidang simpan pinjam saja, namun mampu membuka unit usaha agar koperasi menjadi lebih besar," tutur Tri Widyani.

Workshop ini menghadirkan 3 narasumber yang berasal dari UPT Diklat Koperasi dan UMKM provinsi Jawa Timur Teguh Mahir S, Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Jawa Timur, Agus Winarto dan Bank BNI.

Narasumber pertama, Teguh Mahir S mengangkat tema Permodalan dan Pembagian SHU. Dalam materinya Teguh menyampaikan seputar fungsi modal, cara mendapatkannya, dan bagaimana cara mengembangkannya. "Koperasi harus digerakkan, harus diisi, dan diberdayakan agar bermanfaat bagi anggota-anggotanya," terangnya.

Narasumber kedua, Agus Winarto mengangkat tema berbeda yakni informasi dana APBD dan dana bergulir melalui Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Jawa Timur. Agus mengatakan bahwa jumlah UMKM di Jawa Timur saat ini mencapai 6,8 Juta buah.

Agus menyampaikan, strategi pembiayaan koperasi dan UMKM yang berlaku saat ini dibagi menjadi lima. Yakni, Koperasi Sektor Riil dan SP dan Usaha Menengah, Koperasi Sektor Riil dan SP dan UM, Koperasi Sektor Riil dan SP dan UMKM, Koperasi Sektor Riil dan SP dan UMKM, dan Koperasi Wanita.

Sedangkan untuk narasumber ketiga berasal dari Bank BNI yang akan memberikan informasi pada workshop hari ini, Jumat (17/3).

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Event
  2. Info Kota
  3. Ekonomi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA