1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Abah Anton sanjung Penganugerahan Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah

Walikota Malang, H. Mochammad Anton beri apresiasi atas gelaran Penganugerahan Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah.

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Jum'at, 23 Desember 2016 11:43

Merdeka.com, Malang - Penganugerahan Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang berlangsung di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Kamis (22/12). Gelaran acara tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Pendidikan Kota Malang dan Universitas Negeri Malang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah, melalui sambutannya menyampaikan, kegiatan penganugerahan tersebut berawal dari pemikiran untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di kota Malang. Berdasar hasil pengamatan mendalam, kata Zubaidah, kemajuan sebuah sekolah beserta warganya tergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Satuan lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah, akan baik kualitasnya, banyak berderet prestasinya, jika dipimpin dengan baik dan benar oleh seorang kepala sekolah.

""Kegiatan ini merupakan sebuah apresiasi Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pendidikan terhadap kompetensi para kepala sekolah jenjang SD, SMA maupun SMK, agar termotivasi dan terdorong untuk selalu berkreasi, berinovasi dan pada akhirnya mampu untuk berprestasi pada bidang akademis maupun non akademis," terang Zubaidah.

Penganugerahan tersebut merupakan wahana untuk pemetaan kualitas, kompetensi dan juga kebutuhan pendidikan di kota Malang. Sehingga ke depannya, dapat menjadi salah satu sumber informasi pihak Provinsi maupun Kemendikbud Pusat dalam merumuskan kebijakan ataupun memberikan program bantuan pada bidang pendidikan di kota Malang.

Abah Anton sanjung Penganugerahan Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah
© 2016 merdeka.com/Istimewa

Sementara itu, Walikota Malang, H. Mochammad Anton menyampaikan, sangat mengapresiasi inovasi yang digulirkan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang tersebut. Abah Anton menilai, melalui penganugerahan tersebut, pemerataan kualitas pendidikan dapat diwujudkan dengan baik.

Kota Malang, kata Abah Anton, secara perlahan mampu mensejajarkan diri dengan Yogyakarta. Mengingat, beberapa waktu lalu, Yogyakarta selalu menjadi Kota Pendidikan yang masyhur di Nusantara. Hal tersebut tidak terlepas dari berbagai rangkaian prestasi yang diraih oleh insan pendidikan dalam berbagai ajang lomba, kompetisi, serta gelaran kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pendidikan di berbagai level, baik lokal, regional, nasional maupun internasional.

"Dengan kegiatan seperti ini diharapkan tumbuh dan berkembangnya motivasi pada diri kepala sekolah untuk terus meningkatkan kompetensi diri mereka agar lebih berkualitas serta berprestasi," tutur Abah Anton.

Keberadaan, peran dan fungsi kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan mutu sekolah. Upaya peningkatan kualitas pendidikan, tidak lepas dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi kepala sekolah. Kepala sekolah, sebagai pemimpin tertinggi di sekolah, pola kepemimpinannya akan sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan kemajuan sekolah. Oleh karena itu, dalam pendidikan modern kepemimpinan kepala sekolah perlu mendapat perhatian serius.

Abah Anton sanjung Penganugerahan Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah
© 2016 merdeka.com/Istimewa

Kepemimpinan kepala sekolah adalah cara atau usaha kepala sekolah dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan dan menggerakkan guru, staf, siswa, orang tua siswa dan pihak lain yang berkaitan untuk bekerja dan berperan serta guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Kepala sekolah juga memiliki tanggung jawab atas lembaga yang dipimpinnya untuk melaksanaan berbagai kegiatan, mengelola berbagai masalah yang berhubungan dengan pelaksanaan administrasi sekolah, pembinaan sarana dan prasarana, sehingga kepala sekolah dituntut mampu menunjukkan kinerja (work performance) yang ditopang oleh derajat penguasaan kompetensi yang memadai.

Kegiatan penganugerahan pemenang lomba evaluasi kinerja Kepala Sekolah inipun semakin semarak manakala siswa-siswi kota Malang menunjukkan aksi kreasinya di panggung yang telah tersedia. Tari topeng, permainan rancak tetabuhan grup band, pembacaan puisi, bahkan penampilan operet yang dibawakan oleh Kepala Sekolah pun turut mewarnai gelaran penganugerahan tersebut.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Info Kota
  2. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA