1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Ini tipe penumpang yang diidolakan pengemudi Uber, kamu termasuk?

Tak banyak yang tahu, Uber punya sistem rating untuk penumpang. Nah, buat kamu yang ingin jadi penumpang bintang lima, ini tips mudahnya!

©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 02 Maret 2017 12:39

Merdeka.com, Malang - Saat ini, transportasi berbasis online telah mengaspal di jalanan Malang Raya. Salah satunya, layanan UberX yang turut meramaikan transportasi online di Malang sejak akhir Desember lalu. Uber sendiri merupakan sebuah market place yang penghubung antara warga yang memiliki kendaraan dan mau berbagi tumpangan, dengan warga lain yang membutuhkan tumpangan.

Terbilang baru di jalanan kota Malang, tak banyak yang mengetahui bahwa Uber ternyata memiliki sistem rating double, yakni rating dari penumpang kepada mitra pengemudi dan sebaliknya, rating dari mitra pengemudi kepada penumpang. Tujuannya, untuk menyamankan perjalanan bagi kedua belah pihak, baik untuk mitra pengemudi maupun penumpang.

Nah, terkait rating penumpang, kali ini Uber bagi-bagi tips untuk menjadi seorang penumpang yang diidolakan mitra pengemudi. Penasaran?

Masukkan alamat dan pastikan posisi pin di tempat akurat
Sebelum memesan Uber, pastikan kamu meletakkan pin alamat penjemputan di tempat yang akurat. Dan, akan lebih baik jika kamu bisa memberikan alamat lengkap dengan detail nomer rumah. Meski terlihat sepele, hal ini lebih menghemat waktu lantaran mitra pengemudi tak perlu berkeliling untuk mencari alamat. Penting, untuk memastikan ponsel dalam kondisi aktif agar mudah dihubungi mitra pengemudi.

Tidak memaksakan kapasitas mobil
Layanan UberX hanya memuat 4 penumpang. Jika tak yakin dengan jumlah penumpang yang bisa di muat, kamu hanya perlu mencocokkan jumlah sabuk pengaman yang terdapat dalam mobil.

Waktu adalah uang
Pengemudi tentunya akan berusaha untuk menjemput penumpang dengan segera. Sebagai apresiasi, kamu juga harus menghargai waktu berharga mereka dengan posisi siap jemput saat sedang memesan. Intinya, hindari pengemudi menunggu lama.

Memastikan tumpangan
Sebelum menggunakan Uberx, pastikan untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Yakni, dengan melakukan konfirmasi nama pengemudi dan nama penumpang sesuai dengan yang tertera dalam aplikasi. Hal ini untuk menghindari tertukarnya pesanan, atau salah naik kendaraan.

Bersikap sopan dan ramah
Kesopanan dan keramahan adalah dua hal utama yang membuat penumpang dan pengemudi mendapatkan perjalanan yang menyenangkan. Memperlakukan pengemudi layaknya kamu ingin diperlakukan akan memudahkan untuk mencairkan suasana selama perjalanan. Menjaga kebersihan selama dalam mobil pengemudi tentu akan membuatnya senang, dan tanpa ragu memberikan bintang lima untuk kamu.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui rating sebagai penumpang dalam aplikasi Uber, berikut cara mudahnya.
1. Buka aplikasi lalu pilih Help/Bantuan
2. Account and Payment / Akun dan Pembayaran
3. Account Setting and Ratings / Pengaturan Akun dan Rating
4. I'd Like to Know my Rating / Saya Ingin Mengetahui Rating Saya

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Teknologi
  2. Tips
  3. Embong Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA