1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Babirusa rangkum sci-fi dan komik dalam album thrash metal

Dalam debut EP mereka yang berjudul Hymne Puja Belantara, Babirusa satukan musik thrash metal, komik dan fiksi ilmiah.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Jum'at, 30 Desember 2016 13:09

Merdeka.com, Malang - Kuartet unit thrash metal asal kota Malang menghadirkan raungan musik yang garang, penuh ingar bingar serta berhubungan dengan komik dan sci-fi dalam debut EP mereka. Dilansir dari KapanLagi.com, seperti banyak band thrash metal lain, Babirusa mengaplikasikan tema dari komik dan fiksi ilmiah dalam lirik dan artwork di EP Hymne Puja Belantara ini.

Dalam penggarapan artwork yang sesuai tema ini, mereka menggandeng seniman lokal Antok Siwar dan Awil Tone untuk menampilkan gambar komik yang bertema fiksi ilmiah. Untuk memaniskan penampilan, layout dan pewarnaan untuk artwork ini dikerjakan oleh Tarungraph yang merupakan sub-divisi dari salah satu record label independent asal kota Malang, Tarung Records.

Dalam album ini, Babirusa mengonsep cerita fiksi tentang sebuah planet bernama Aratnasun dengan segala polemik kehidupan yang terjadi. Hymne Puja Belantara sendiri bukan menceritakan kerinduan akan dunia yang alami dengan segala kesejukannya, melainkan sebuah kota dengan bangunan beton menjulang tinggi dengan keriuhan dan rona kehidupan urban yang mewarnai.

Babirusa Hymne Puja Belantara
© Babirusa/Babirusa

Setiap lagu yang ada di EP ini, disebut Babirusa merupakan perwakilan dari belantara yang dihuni oleh makhluk imajiner rekayasa yang menyerupai binatang dari Sulawesi, Babirusa, yang dipilih sebagai nama band mereka.

Keluhan akan rutinitas, penipuan atau penyesatan berdalih ajaran spiritual, penyetaraan kelas, kejengahan dan kemarahan yang bermetamorfosis menjadi kaum outlaw, hingga kekacauan yang berujung perang semuanya tertulis secara lugas dan terangkum pada 6 lagu dalam EP ini. Hymne Puja Belantara ini juga menjadi sebuah cerita pembuka dari planet Aratnasun yang masih akan dikembangkan oleh Babirusa dalam karya-karya selanjutnya.

Hymne Puja Belantara sendiri secara resmi telah dirilis pada 18 desember 2016 dalam format kaset tape melalui Tarung Records. Sebelumnya, pada november lalu, Babirusa juga merilis split album dengan Desecrate A.D, band death thrash asal Kuala Lumpur, Malaysia.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Musik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA