1. MALANG
  2. PARIWISATA

Menikmati keelokan negeri Kayangan di Pantai Jonggring Soloko

Pantai Jonggring Soloko sajikan beberapa keunikan yang tak kamu temukan di pantai lainnya, tertarik berkunjung?

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 07 Juli 2016 08:17

Merdeka.com, Malang - Malang memang selalu menawarkan keindahan alam yang mampu memanjakan siapapun yang mengunjunginya. Pantai adalah salah satu keindahan alam yang bisa kamu nikmati di Malang, khususnya di wilayah Malang Selatan. Malang memiliki begitu banyak pantai, dan bahkan beberapa diantara masih jarang atau bahkan belum terjamah wisatawan. Nah, salah satu pantai Malang yang jarang dijamah oleh wisatawan adalah pantai Jonggring Soloko.

Terletak di desa Mentraman, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang, pantai yang jarang diketahui keberadaannya ini menawarkan panorama pantai yang membuat kamu betah berlama-lama. Jarang terjamah wisatawan, membuat panorama dan kondisi pantai ini terlihat masih alami.

Pantai ini memiliki nama yang unik, yaitu Jonggring Soloko yang merupakan salah satu nama kayangan. Jonggring Soloko merupakan nama kediamanan Batara Narada dalam kisah pewayangan. Tak hanya penamaannya, pantai Jonggring Soloko ini juga menyimpan beberapa keunikan lain, yang tak bisa kamu jumpai di pantai lainnya.

Fenomena Ngebros di Pantai Jonggring Soloko
© www.panoramio.com/www.panoramio.com

Pertama, setiap tanggal 14 Muharram (15 Suro), pantai Jonggring Soloko menjadi lokasi upacara labuan berupa larung saji pada laut. Upacara ini tentunya hanya bisa kamu saksikan satu kali dalam setahun. Kedua, pantai ini juga menyajikan fenomena alam yang dikenal dengan istilah Ngebros.

Istilah ini mengacu pada bukit karang yang menyemburkan air akibat adanya tekanan air laut dibawahnya, yang masuk melalui rongga di dalam bukit karang tersebut. Ketiga, kamu akan menemukan sebuah sungai kecil yang mengalir ke arah laut. Air ini tak memiliki rasa asin alias tawar. Tak heran, jika disekitar sungai ini banyak pengunjung yang memilih untuk mendirikan kemah alias camping.

Sayangnya, ombak ganas membuat kamu tak diperkenankan untuk berenang di pantai ini. Meskipun begitu, pantai ini juga memiliki keunikan pasir pantai yang berwarna hitam pekat dan halus di sepanjang bibir pantai. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sejuknya hembusan angin sepoi-sepoi di pantai Jonggring Soloko ini.

Terkait rute perjalanan, tak dipungkiri bahwa medan menuju pantai ini sedikit sulit. Rute yang harus ditempuh berupa jalan berbatu-batu dan berkelok-kelok. Oleh karena itu, wisatawan yang akan berkunjung ke pantai Jonggring Soloko lebih disarankan menggunakan kendaraan roda dua.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Wisata Alam
  2. pantai
  3. Kabupaten Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA