1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Mendiknas pulang kampung ke Malang jaring aspirasi

Mendiknas melakukan kunjungan ke rumah dinas walikota Malang untuk serap aspirasi daerah demi perbaikan masalah pendidikan.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Senin, 08 Agustus 2016 11:14

Merdeka.com, Malang - Menteri Pendidikan Nasional yang baru dilantik, Prof. Dr. Muhadjir effendy pulang kampung ke Malang untuk bertemu dengan pemerintah daerah pada sabtu (6/8). Bertempat di Rumah Dinas Walikota Malang Mendiknas besrta rombongan diterima secara resmi oleh Walikota Malang, H. Mochammad Anton dengan di dampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Malang, Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Bagian Humas.

Usai mendapat kepercayaan Presiden RI Joko Widodo memegang jabatan Menteri Pendidikan (Mendiknas) menggantikan Anies Baswedan, Muhadjir Effendy langsung rajin mengunjungi beberapa daerah untuk jalin komunikasi sekaligus serap aspirasi daerah. Salah satu daerah tersebut adalh kota Malang yang telah ditinggali Muhadjir selama puluhan tahun.

Ajang silaturahmi dan komunikasi ini pun berjalan dengan gayeng. Abah Anton tidak melewatkan kesempatan tersebut untuk menyampaikan beberapa saran dan masukan terkait perkembangan dunia pendidikan di Kota Malang. Salah satu hal yang menjadi perhatian Abah Anton adalah kelanjutan nasib siswa siswi lulusan SMK untuk mendapatkan pekerjaan.

"Indikator utama yang harus diupayakan adalah siswa lulusan SMK diharapkan memiliki sertifikasi yang bertaraf internasional akan keahliannya" ujar Abah.

"Sehingga nantinya begitu mereka lulus sekolah, perusahaan baik lokal maupun asing dapat dengan mudah menerima mereka bekerja" tambahnya.

Dengan adanya sertifikat ini, Abah Anton berhadap anak-anak dapat semakin semangat belajar dan bersekolah untuk meningkatkan kompetensi. Informasi yang diterima Muhadjir Effendy tersebut akan menjadi bekal untuk melakukan evaluasi atas beberapa regulasi yang telah dikeluarkan demi peningkatan kualitas, efisiensi dan juga efektifitas dunia pendidikan di Indonesia.

"Dari perbincangan kami tadi, Bapak Walikota Malang Abah Anton memberikan beberapa masukan dan juga saran yang dapat kami gunakan sebagai bahan evaluasi di kementerian Pendidikan " tuturnya.

Muhadjir menambahkan salah satu usulan dan juga masukan Walikota Malang yang perlu diperhatikan adalah mengenai pengambilalihan SMA dan SMK yang dikelola oleh provinsi bukan lagi oleh pemerintah kota maupun pemerintah kabupaten tempat domisili sekolah yang bersangkutan.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Abah Anton
  2. Info Kota
  3. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA