1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Langkah Mendag penuhi kebutuhan pokok saat Natal dan Tahun Baru

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta agar kebutuhan bahan pokok untuk Hari Natal dan Tahun Baru harus sudah terdistribusi 1 Desember.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Sabtu, 25 November 2017 12:41

Merdeka.com, Malang - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta agar kebutuhan bahan pokok untuk Hari Natal dan Tahun Baru harus sudah terdistribusi 1 Desember, mengingat kondisi cuaca saat ini kurang bersahabat.

"Harga dan stok sangat stabil secara keseluruhan. Per 1 Desember seluruh kebutuhan pokok harus sudah terdistribusi ke seluruh daerah. Kita sudah panggil para distributor, produsen dan lain-lain. Kita mengantisipasi cuaca yang kurang bersahabat untuk transportasinya," kata Enggar di Pasar Modern Oro Oro Dowo Kota Malang, Jumat (24/11).

Enggar juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan setempat untuk memantau kondisi bahan pokok di pasar maupun tingkat produksi. Khusus Jawa Timur, sejumlah komoditas mengalami surplus.

"Jatim sangat aktif, terus update kelebihan dan kekurangan. Beras, gula dan daging Jatim surplus, ekspor ke propinsi lain. Kita memantau berapa kelebihannya yang surplus," urainya.

Enggar juga menyampaikan keprihatinannya atas harga telur dan daging ayam yang terlalu rendah akibat suplai yang terlalu banyak. Pihaknya mengaku sempat didemo para peternak dari Malang, Blitar, Boyolali terkait harga yang terlalu rendah tersebut.

"Yang jadi persoalan adalah, kalau kita dorong ke atas yang menikmati para pedagang, bukan peternak. Kompensasinya, yang besar-besar kami dorong untuk ekspor, agar terjadi keseimbangan suplai pasarnya," jelasnya.

Sementara terkait harga bawang putih, masih tetap berada di bawah dari harga yang tetapkan, yakni di bawah Rp 25 ribu. Kalau terjadi kenaikan, buru-buru segera digelontorkan sampai nanti bisa memenuhi sendiri kebutuhan tersebut.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Ekonomi
  2. Kunjungan Menteri
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA