1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Jelang Natal pesanan patung Yesus & Bunda Maria meningkat tajam

Pemesanan patung Yesus dan Bunda Maria meningkat tajam menjelang perayaan Hari Raya Natal 2016.

Darmadi Sasongko. ©2016 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Kamis, 08 Desember 2016 08:47

Merdeka.com, Malang - Patung dan ornamen gereja banyak dipesan menjelang datangnya Hari Raya Natal 2016. Patung Yesus dengan segala bentuk dan pose, serta Bunda Maria banyak dipesan untuk kepentingan pembangunan dan renovasi rumah ibadah.

Nirmana Art, sebuah bengkel patung fiberglass di Kota Malang, mengalami peningkatan produksi sejak tiga bulan terakhir. Peningkatan pemesanan hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan bulan biasa.

"Ya banyak memang yang pesan dari bulan kemarin, meningkat memang. Sudah mulai pengiriman," kata Didik Sujarwo, sambil mengerjakan menyelesaikan Patung Yesus setinggi 2,5 meter di Studio Nirmana Art, Jalan Simpang Sulfat Selatan Kota Malang, Rabu (7/12).

Pemesannya paling banyak berasal dari luar Jawa, seperti Merauke, Tual, Menado bahkan Timor Leste dan lain-lain. Sejak awal Desember barang-barang pesanan itu sudah mulai dikirimkan satu per satu.

Nirwana Art melayani pemesanan aneka patung dengan berbagai ukuran dan bentuk. Biasanya perumahan atau gereja memesan untuk menambah keindahan lingkungan. Bentuk patungnya bisa hewan maupun logo tertentu.

pengrajin patung rohani
© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko

Termasuk juga patung pose tokoh-tokoh romawi kuno, dan juga patung-patung rohani. Paling banyak diproduksi patung rohani dengan ukuran tinggi sekitar satu meter.

Joko Tulus, salah satu karyawan Nirwana Art mengungkapkan, untuk membuat patung setinggi 2,5 meter tersebut membutuhkan waktu sekitar dua bulan dengan dua orang tenaga kerja. Sedangkan untuk ukuran sekitar satu meter membutuhkan waktu sekitar satu bulan.

Proses pembuatan dengan menggunakan bahan fiberglass yang dicetak. Setiap patung yang dipesan akan dibuatkan masternya dan dilapisi matras sebelumnya dicor.

Setelah terbentuk, selanjutnya dilakukan finishing untuk detail bagian-bagian tubuh patung. Berikutnya dilakukan pewarnaan sesuai pesanan. "Proses finishing paling lama," kata Joko.

Nirmana Art sendiri baru satu tahun membuka usaha di Kota Malang. Sebelumnya proses pengerjaan dilakukan di Tumpang, Kabupaten Malang.

Imelda Prasetyo Liem, pemesan patung Yesus setinggi 2,5 meter, mengaku pesanannya itu untuk sebuah gereja Tual, Maluku. Perempuan yang datang bersama tiga anaknya, bermaksud memeriksa proses pengerjaan patungnya.

"Akan dikirim ke Tual, Maluku. Semoga bisa sampai sebelum Natal. Mereka akan menggunakan untuk perayaan Natal," kata warga Jalan Raden Intan Kota Malang ini.

Kata Imelda, patung tersebut akan disumbangkan ke sebuah gereja kepulauan Kei, Tual. Perjalanan ekspedisi membutuhkan waktu sekitar dua minggu.

"Mereka sedang renovasi. Rencana dipasang outdor menghadap ke laut. Sehingga saya meminta tanpa warna," katanya.

Patung yang dibubuhi nama anak sulungnya itu dipesan seharga hampir Rp 40 juta. Sebelumnya, Imelda mengaku sempat mencari perbandingan harga ke Yogyakarta, namun dengan segala pertimbangan akhirnya memilih memesan di Kota Malang.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Bisnis
  2. Natal 2016
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA