1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Inovatif, mahasiswa UB ini ubah kulit kopi jadi sel surya

Lakukan penelitian selama 2 bulan, tim mahasiswa UB ini ubah kulit kopi jadi sel surya.

Ilustrasi Tanaman Kopi. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Minggu, 04 Juni 2017 15:24

Merdeka.com, Malang - Belakangan, kopi asal Malang mulai diperhitungkan di mata dunia. Mengingat, Malang merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan potensi kopi ekspor yang cukup besar. Sayangnya, produksi kopi yang melimpah beriringan dengan jumlah limbah yang dihasilkan, yakni kulit kopi. Hanya dimanfaatkan sebagai pupuk dan pakan ternak, kulit kopi ternyata memiliki fungsi ganda. Yakni, sebagai zat pewarna alami berupa antosianin, dan counter electrode berupa karbon aktif.

Dilansir dari prasetya.ub.ac.id, tim mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya(FMIPA-UB), meneliti manfaat kulit kopi tersebut pada sistem Dye-Sensitized Solar Cell (DSSC). Mereka menciptakan suatu terobosan baru mengenai sel surya, dengan mengangkat sel surya jenis Dye-Sensitized Solar Cell (DSSC).

Tim Penelitian Kulit Kopi UB
© prasetya.ub.ac.id/prasetya.ub.ac.id

Penelitian ini digawangi empat mahasiswa, yakni Tomi Setiawan, Wahyu Yudhi Subekti, Siti Sumadyah Nuradyah, dan Khusnul Ilmiah.

Ketua tim penelitian, Tomi Setiawan, menyampaikan bahwa sel surya merupakan suatu perangkat yang mampu mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip fotovoltaik.

"Pada era green technology dan krisis energy saat ini, sel surya terus dikembangkan dengan berbagai inovasi terbaru," jelas Tomi.

Berada di bawah bimbingan Dr. Sc. Siti Mariyah Ulfa, penelitian ini telah dilakukan selama 2 bulan. Proses pembuatannya dimulai dengan ekstrasitas antosianin, pembuatan counter electrode dan yang terakhir fabrikasi prototype DSSC itu sendiri.

"Selama proses pengerjaan penelitian ini sendiri tidak terdapat hambatan, penelitian ini didukung penuh oleh pihak FMIPA UB," imbuhnya.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa prototype dari Dye-Sensitized Solar Cell (DSSC). Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan limbah kopi, sehingga bisa mendongkrak daya jualnya. Mengingat, hingga kini pemanfaatan kulit kopi hanya sebagai bahan pembuatan pupuk organik dan pakan ternak.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Pendidikan
  2. Universitas Brawijaya
  3. Mahasiswa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA