1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

7 Fakta menarik seputar Ramadan di Kota Malang, sudah tahu?

Bertandang ke Kota Malang saat Ramadan, kamu akan berjumpa dengan tujuh hal menarik ini. Mau tahu?

© 2016 merdeka.com/Siti Rutmawati. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Senin, 27 Juni 2016 15:11

Merdeka.com, Malang - Ramadan selalu menjadi saat yang dinantikan, termasuk di Kota Malang. Tak hanya sekedar menahan lapar dan haus, Ramadan selalu dibarengi dengan beberapa kemeriahan yang semakin mengindahkan hawa unik yang dibawanya. Kemeriahan Ramadan di Kota Malang, terlihat dalam tujuh fakta menarik yang hanya bisa kamu temukan di bulan suci ini. Penasaran?

1. Tradisi buka puasa bersama
Menjelang berbuka puasa, jangan heran jika sederetan rumah makan di Kota Malang penuh dengan kendaraan yang terparkir rapi di halamannya. Pasalnya, berbuka puasa bersama di rumah makan,atau tempat-tempat makan lainnya, seolah-olah menjadi salah satu tradisi yang tak tertulis, selama Ramadan.

Tak heran, jika sebagian besar orang mulai sibuk mengatur jadwal buka bersama dengan keluarga, komunitas, teman kerja, teman kuliah, reuni angkatan, dan lainnya. Tradisi ini akan semakin padat di tengah-tengah bulan Ramadan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri.

2. Bagi takjil gratis di titik keramaian kota
Terjebak macet di jalan menjelang berbuka puasa? Jangan khawatir, karena tak jarang di beberapa titik keramaian di Kota Malang, kamu justru akan mendapatkan takjil gratis. Ramadan,menjadi salah satu saat di mana orang-orang berlomba-lomba untuk berbagi kebaikan, salah satunya melalui berbagi takjil gratis.

3. Sahur on the road
Tak jauh berbeda dengan berbagi takjil gratis,salah satu kegiatan yang cukup populer di Malang adalah berbagi sahur gratis. Kegitan Ramadan yang satu ini seringkali diadakan oleh komunitas tertentu, maupun orang perorang. Sasaran sahur on the road biasanya kaum dhuafa yang terbiasa tidur di pinggir-pinggir jalan.  Selain itu, sahur on the road juga merupakan agenda Ramadan yang dijadikan sebagai sarana mempererat keakraban.

4. Masjid penuh dengan hidangan berbuka
Tak hanya takjil di jalanan, buat kamu yang memilih untuk menunaikan ibadah shalat maghrib di Masjid, hidangan berbuka puasa telah menantimu di sana. Pasalnya, warga sekitar Masjid juga berlomba-lomba untuk menyiapkan hidangan gratis selama bulan Ramadan kepada jamaah masjid di kampungnya.

5. Keramaian pasar takjil
Pasar takjil, seolah-olah tak mau ketinggalan untuk meramaikan Ramadan di Malang. Kamu dapat memilih berbagai jenis takjil yang tentunya cukup menggiurkan, sebagai menu berbuka puasa. Secara khusus, pasar takjil di Kota Malang terdapat di beberapa titik keramaian seperti jalan soekarno-hatta, jalan raya sulfat, jalan sarangan, sawojajar, dan beberapa titik lainnya.

6. Keriuhan kembang api
Selain takjil, kembang api adalah salah satu barang yang paling diburu, terutama oleh anak-anak kecil. Bagi mereka, kembang api telah menjadi salah satu mainan khas Ramadan yang wajib dimiliki. Ramadan seolah-olah selalu ramai dengan bunyi riuh kembang api yang tak jarang mengundang gelak tawa anak-anak tersebut.

7. Patrol sahur Ramadan
Riuhnya suara patrol sahur menjadi salah satu tradisi Ramadan yang masih berjalan hingga kini, termasuk di Kota Malang. Meskipun tak semua area menggelar patrol sahur, namun tradisi ini masih berjalan meriah di beberapa lokasi di Kota malang. Tak jarang, tradisi ini menjadi salah satu aktivitas yang dilombakan dalam rangka meramaikan bulan suci Ramadan.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Seputar Ramadan
  2. Pernik ramadan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA