1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Osi & Ji terpilih jadi maskot baru kota Malang

Singa bernama Osi dan burung manyar bernama Ji berhasil menyisihkan desain lain dan terpilih menjadi maskot kota Malang.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Rabu, 07 Desember 2016 13:27

Merdeka.com, Malang - Maskot baru kota Malang akhirnya sudah terpilih. Setelah melalui sayembara dan berbagai tahapan dari Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda), akhirnya melalui proses penilaian akhir yang dilakukan dewan juri terpilih maskot baru kota Malang yang bernama Osi & Ji.

Osi & Ji digambarkan sebagai dua hewan yang identik dengan kota Malang yaitu singa dan burung manyar. Singa sudah lama dikenal sebagai salah satu hewan yang menjadi maskot kota Malang sejak masa kerajaan Singhasari hingga kini menjadi logo dari klub sepakbola Arema. Sedangkan burung manyar sendiri berdasar SK Gubernur nomor 5225/16674/032/1996 merupakan fauna yang menjadi ciri khas kota Malang.

Secara penamaan sendiri, Osi & Ji juga mewakili keunikan kota Malang dengan bahasa walikan yang dimilikinya. Nama Osi merupakan bahasa walikan dari bahasa Jawa iso yang berarti bisa dalam bahasa Indonesia. Sedangkan Ji berasal dari kata siji yang bermakna persatuan kerukunan warga Malang.

Osi & Ji
© Bapedda/Bapedda

Pewarnaan terhadap logo ini juga mewakili berbagai nilai-nilai yang ada di Malang terutama pada warna yang digunakan karakter Osi. Warna hijau yang dominan di karakter ini melambangkan keasrian dari kota Malang. Selain itu, dasi yang digunakannya juga melambangkan kota Malang sebagai kota yang identik dengan pendidikan dan pramuka.

Karya Osi & Ji yang jadi logo baru Malang ini sendiri diciptakan oleh Papang Jakfar, seorang freelance ilustrator dengan cukup banyak pengalaman menggambar bahkan karya-karyanya tersebar hingga di luar negeri. Gaya gambar Osi & Ji yang menyenangkan juga tak lepas dari tujuannya dalam berkarya yang membuat orang lain tersenyum saat melihat karyanya.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Info Kota
  2. Malang Kreatif
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA