1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Lulus pendidikan profesi guru di UMM wajib jalani tes urine

Lulus pendidikan profesi Guru di UMM wajib jalani tes urine. Sebanyak 30 lulusan PPG, sebelum prosesi Yudisium diwajibkan menjalani tes urine.

Guru di UMM tes urine. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Sabtu, 21 Januari 2017 10:59

Merdeka.com, Malang - Guru tidak hanya dituntut memiliki keterampilan mengajar dan mengelola kelas, tetapi juga harus bisa digugu petuah-petuahnya dan ditiru tindak-tanduknya. Sebagai suri tauladan, guru harus bebas dari tindakan kriminal, termasuk penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

Karena itu, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang, menggelar tes urine bagi lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Sebanyak 30 lulusan PPG, sebelum prosesi Yudisium yang dilaksanakan Sabtu (21/1), diharuskan menjalani tes urine.

"Guru adalah agen pembentuk karakter siswa, sehingga kalau diketahui menggunakan narkoba akan sangat berbahaya untuk anak didik," kata Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr.Poncojari Wahyono, MKes di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (20/1).

Sebanyak 30 lulusan PPG yang sebagian besar berasal dari Manado dan kota-kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) itu diharuskan melalui tes urine. Tes urine digelar Jumat (20/1). Mereka wajib dinyatakan bebas narkoba sebelum kembali ke kota asal dan menjadi guru di sana.

Kata Poncojari, selain menjadi syarat wajib, harus disadari bahwa PPG calon guru adalah agen pembentukan karakter siswa. Sorang guru harus bebas dari narkoba, karena dalam tugasnya membentuk karakter siswa dan bukan tugas yang main-main.

PPG adalah syarat wajib bagi calon guru di Indonesia yang sudah diterapkan empat tahun lalu. Meski begitu, UMM baru berkesempatan menjadi penyelenggara PPG sejak setahun terakhir.

Sejauh ini, penyelenggara PPG mayoritas adalah perguruan tinggi negeri. Selebihnya, hanya ada empat kampus swasta di Indonesia yang menyelenggarakan PPG, yakni UMM, Universitas Sanatha Dharma Yogyakarta, IKIP PGRI Semarang dan Universitas Nusantara Bandung.

Sebagai syarat, lulusan sarjana yang bisa mengikuti PPG haruslah yang sudah menjalani program Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (SM3T). Ke depan, UMM akan menyelenggarakan tes urine secara rutin bagi lulusan PPG untuk mencetak guru yang siap diproyeksikan menjadi guru masa depan.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA