1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Kelurahan Sisir raih penghargaan Desa Tangguh Bencana kategori Pratama

Kelurahan Sisir, kota Batu raih penghargaan Desa Tangguh Bencana kategori Pratama, tingkat Jawa Timur.

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Sabtu, 15 Oktober 2016 11:27

Merdeka.com, Malang - Kelurahan Sisir, kota Batu berhasil meraih penghargaan Desa Tangguh Bencana untuk kategori Pratama, tingkat Jawa Timur. Bertepatan dengan hari jadi ke-71 provinsi Jawa Timur, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, H. Soekarwo di Surabaya, Kamis (13/10). Penghargaan tersebut secara simbolis diterima oleh Wakil Walikota Batu,Punjul Santoso.

Jelragan Tangguh di Kelurahan Sisir, berdiri sebagai Kelurahan Tangguh Bencana setahun yang lalu karena adanya dua peristiwa. Pertama,adanya pengungsi Gunung Kelud di Kota Batu. Kedua, kawasan alun-alun kota Batu dua tahun terakhir seringkali mengalami bencana banjir.

Ketua Kelurahan Tangguh Bencana, Kelurahan Sisir, Samsul Huda mengungkapkan, kedua peristiwa tersebut warga mulai berbincang-bincang terkait penanggulangannya. Dian Fachroni selaku Lurah menyambut dan memberikan sarana baik tempat maupun legalitas Kelurahan Tangguh yang dideklarasikan di RW 11.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh BPBD Kota Batu, Kelurahan Tangguh Bencana memberikan pengetahuan tambahan bagi pengurus dan relawan Bencana.

“Untuk peningkatan SDM yang ada di Kelurahan Tangguh Bencana kita diberi pelatihan oleh BPBD Kota Batu,” ujar Samsul.

Pasca meraih penghargaan tersebut, kelurahan Sisir sebagai Kelurahan Tangguh Bencana tahun depan berencana menuju pada tingkatan Madya.

“Kami berharap tahun depan kita menuju ke Madya. Dimana kita harus mampu menbuat perencanaan jangka panjang menengah dan pendek. Untuk itu pada bulan september lalu kita bekerja sama dengan USAID melalui NGO APIK,” tutur Samsul.

Pelatihan perencanaan ini akan dilaksanakan sampai akhir tahun ini, dengan materi di dalam ruangan dan di luar ruangan.

“Harapan kita adalah Kelurahan kami aman dari bencana, namun jika ada bencana masyarakat bisa selamat dan tangguh menghadapinya” tutupnya

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Ngalam Kipa
  2. Kota Wisata Batu
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA