1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Jelang mudik lebaran, Kodim dan Koramil bakal disulap jadi rest area

Jelang lebaran, Kodim dan Koramil bakal dimanfaatkan sebagai rest area bagi para pemudik.

© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 23 Juni 2016 17:07

Merdeka.com, Malang - TNI mengambil sebuah langkah tegas dengan memanfaatkan kantor kodim dan koramil di Jawa Timur, khususnya yang dilalui pemudik sebagai rest area. Langkah tersebut dilakukan TNI dalam menciptakan situasi kondusif selama Lebaran Idul Fitri 1437 H.

Panglima Kodam V/ Brawijaya, Mayor Jenderal Sumardi mengungkapkan, Kodim dan Koramil yang berada di wilayah Pantura dan sekitarnya dapat dimanfaatkan para pemudik. Para personel TNI pun disiapkan membantu Polri untuk pengamanan sebelum, selama maupun setelah Lebaran.

"Tempat-tempat seperti Kodim dan Koramil bisa digunakan untuk istirahat, rest area bagi kawan-kawan yang sedang mudik. Apabila dalam keadaan capek silakan mampir di Kodim dan Koramil setempat yang ada di pinggir-pinggir jalan," kata Sumardi di sela buka dan tarawih bersama di Makorem 083/Baladhika Jaya Malang, Rabu (22/6) malam.

Kantor Kodim dan Koramil dipastikan akan ada personel yang berjaga dan piket. Masyarakat dipersilakan mampir untuk beristirahat. "Akan dibuat semacam posko Lebaran. Silakan dimanfaatkan," tegasnya, seperti yang dilansir melalui merdeka.com.

Sumardi juga menegaskan, bahwa atas perintah pimpinan Angkatan Darat, diminta membantu pengamanan Lebaran. Semua satuan yang ada di teritorial akan diterjunkan dan di satuan tempur akan ditunjuk personelnya untuk ditempatkan di tempat-tempat strategis.

Tempat yang strategis dimaksud adalah tempat-tempat yang potensi terjadinya kecelakaan, tindak kejahatan, serta hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Seperti stasiun-stasiun, terminal dan bandara kita waspadai dan diperkuat pengamanannya.

"Kami yang ada di Makodam, setiap saat siap dihubungi, siap untuk digerakkan. Kami diminta bantuan untuk mengerahkan K-9, dan personel pengamanan lainnya," katanya.

Sumardi juga menegaskan, hingga sekarang tidak tercium adanya ancaman keamanan yang serius. Namun pihaknya akan tetap dalam kondisi siap dan siaga.

"Sampai sekarang tidak terjadi adanya kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Semoga lebaran benar-benar aman, bisa merayakan dengan tenang bertemu dengan keluarga dan kerabat," pungkasnya.

Acara buka dan tarawih bersama Pandam V/Brawijaya tersebut dihadiri Panglima Divisi 2 Kostrad, Danalanud Abdul Rahman Saleh Malang, Danlanal Malang, Para Pejabat Forkopimda Kabupaten Malang, Kota Malang dan Batu, Para Komandan/Kepala Satuan TNI/Polri dan sipil se-Wilayah Malang Raya, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 083, para ulama, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Info Kota
  2. Mudik Lebaran
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA