1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Kota Malang targetkan menangi kembali lomba kelurahan tingkat provinsi

Kelurahan Tasikmadu mewakili kota Malang dalam lomba kelurahan tingkat provinsi. Pemenang lomba ini akan dilombakan kembali secara nasional.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Rabu, 25 Mei 2016 15:39

Merdeka.com, Malang - Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur diterima di ruang sidang Balai Kota Malang, Rabu (25/5).  Tim yang berjumlah 15 orang itu disambut Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, beberapa Kepala SKPD dan jajaran dari BKBPM. Tim itu rencananya akan melakukan kunjungan lapangan ke kelurahan tasikmadu pada hari kamis (26/5).

Sutiaji yang didampingi Sekretaris Daerah, Cipto Wiyono, mengatakan jika Kelurahan Tasikmadu yang mewakili Kota Malang memiliki keunikan dan modal yang kuat untuk menjadi juara di tingkat provinsi. Meski letaknya berada di kawasan pinggiran, namun semangat dan kemampuan untuk mengikuti arus modernitas tidak ditinggalkan warga di kelurahan ini.

"Inilah yang menjadi keunikan dan modal kuat sehingga diharapkan kelurahan Tasikmadu bisa mewakili Provinsi Jawa Timur," kata Sutiaji.

Kerjasama dari seluruh petinggi termasuk Lurah, LPMK dan warga masyarakat merupakan kekuatan yang masih dipertahankan oleh kelurahan ini. Karena itu, Pemerintah Kota Malang optimis bisa meraih juara ketiga kalinya setelah sebelumnya kelurahan Kasin dan Tlogomas mampu berjaya di tingkat nasional.

"Kalau ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dengan waktu singkat kami sangat siap melakukan pembenahan," ungkapnya.

Ketua Tim Penilai, Suryono, mengatakan jika kelurahan Tasikmadu merupakan satu dari empat besar kota yang terpilih di Jawa timur.

"Nanti dalam visitasi itu kami melihat secara langsung dengan cara croscek data yang sudah disampaikan lurah," kata Suryono.

Selain itu, tim juga akan memantau apakah ada terobosan lain di kelurahan Tasikmadu seperti pelayanan dan pemberdayaan masyarakat, hingga pembangunan yang memiliki dampak baik bagi warga.

"Pada intinya yang sudah masuk empat besar adalah juara dan akan diundang Gubernur Jawa Timur pada proklamasi 17 Agustus, di Grahadi," tukasnya.

Juara satu di tingkat Provinsi Jawa Timur akan mewakili pada pemilihan di tingkat region Jawa-Bali sebelum berlomba di tingkat nasional.

Acara bergengsi tingkat provinsi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kelurahan dan menggali potensi kesenian lokal khas kelurahan setempat.

Tim penilai yang terdiri dari lima belas orang ini rencananya akan berkunjung selama dua hari. Pada hari pertama, agenda adalah validasi data dan paparan oleh Lurah Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru. Sedangkan pada hari kedua,  langsung ke lokasi untuk tinjau lapang dan seni budaya lokal.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Info Kota
  2. Sutiaji
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA