1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Unik, ciput bisa hilangkan ketombe pengguna hijab, mau coba?

Tengok cara mudah atasi ketombe buat kamu yang berhijab, di sini!

© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Sabtu, 11 Juni 2016 12:27

Merdeka.com, Malang - Ketombe memang menjadi salah satu masalah kecantikan yang cukup mengganggu, termasuk bagi kamu yang berhijab, bukan? Selain menggunakan produk sampo khusus untuk wanita berhijab, penggunaan bahan kain hijab yang dingin juga menjadi salah atu solusi yang ditawarkan. Meskipun begitu, cara tersebut masih belum menunjukkan hasil yang maksimal.

Permasalahan inilah kemudian yang menginspirasi sekelompok mahasiswa Universitas Brawijaya untuk membuat sebuah produk kecantikan untuk menghilangkan ketombe tersebut. Produk tersebut dinamai Cantik Tau, singkatan dari Ciput Anti Ketombe dan Bau.

Cantik Tau merupakan temuan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (THP), Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya. Mereka tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan Fakultas Teknologi Pertanian (PKM-K FTP). Tim ini terdiri dari Radite Raharja, Tia Aryana, Yuni Puspitasari, Asri Nur Aisyah dan Zada Agna Talitha, dengan mentor Nur Ida Panca Nugrahini.

Tim PKM-K FTP pembuat Ciput Anti Ketombe dari UB
© 2016 merdeka.com/Darmadi Sasongko

Tim ini membuat ciput dengan desain khusus dari bahan kaus rayon. Ciput dipadukan dengan bahan-bahan herbal seperti daun alamanda, daun pandan, jeruk nipis, kulit jeruk manis, serta bunga melati. "Bahan tersebut dikeringkan dan dijadikan serbuk, yang diletakkan di kantung yang terdapat di dalam ciput," kata Radite, seperti yang dilansir melalui merdeka.com.

Kantung herbal dipilih karena memiliki pori dan tidak terlalu tebal sehingga hijab tetap nyaman saat digunakan. Selain itu, faktor keserasian dengan pemakainya menjadi salah satu bahan pertimbangan yang penting.

"Daun alamanda dipilih karena memiliki kandungan saponin, tannin, dan flavonoid yang dapat menekan pertumbuhan serta memberantas jamur penyebab ketombe," jelas Radite.

Sedangkan daun pandan memiliki kandungan saponin dan fenol berperan sebagai antibakteri. Melati, jeruk nipis, dan kulit jeruk manis dipilih karena memiliki senyawa volatil sehingga menimbulkan aroma harum dan segar.

"Bahan-bahan alami ini dikeringkan dengan suhu tertentu sehingga kualitas bahan tetap terjaga," ungkap Radite.

Terdapat 3 variasi produk Cantik Tau. Yakni jenis standar dijual seharga Rp 22 ribu, jenis kerut dilepas Rp 27 ribu, serta jenis ninja dilego Rp 32 ribu. Harga tersebut merupakan harga setiap satu paket Cantik Tau berisi satu ciput dan sebuah kantung isi ulang.

 

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Universitas Brawijaya
  2. Teknologi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA