1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Museum Mpu Purwa kini hadir lebih modern dan jauh dari kesan suram

Museum Mpu Purwa di kota Malang saat ini memiliki tampilan baru dan jauh dari kesan suram dengan teknologi modern dan tata cahaya lebih cerah.

©2018 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Rabu, 18 Juli 2018 13:51

Merdeka.com, Malang - Museum Mpu Purwa di kota Malang saat ini memiliki tampilan baru dan jauh dari kesan suram. Dilansir dari Liputan6.com, museum ini kini dikemas lebih milenial dengan teknologi modern dan tata cahaya yang terlihat lebih cerah.

Museum Mpu Purwa mengoleksi 136 artefak sampai arca. Meski hanya 56 koleksi masterpiece yang dipajang namun koleksi itu merupakan peninggalan masa Kerajaan Kanjuruhan hingga Majapahit.

Banyak koleksi bernilai sejarah tinggi yang hanya bisa dijumpai di Museum Mpu Purwa. Misalnya, sebuah arca ganesha mengendarai tikus. Arca berukuran sekitar 40 cm x 60 cm ini hanya satu – satunya yang ditemukan di Indonesia. Hanya di India arca serupa bisa dijumpai.

Pengunjung dimudahkan untuk mendapat informasi tiap koleksi itu meski tanpa pemandu. Sebab museum menggunakan teknologi QR Code atau sistem scaning. Pengunjung bisa mendapat informasi berbentuk digital sekaligus langsung mengunduhnya di telepon cerdas miliknya.

Di dalam museum seluas 1.200 meter persegi ini juga terdapat ruang multi media. Pengunjung bisa menikmati film tentang sejarah Kerajaan Singasari yang diputar di ruangan ini. Seluruh fasilitas itu disediakan agar kita bisa menikmati museum dengan cara berbeda.

"Museum ini sangat bagus untuk sarana pendidikan dan rekreasi. Bisa mengembangkan imajisasi dan kreatifitas pengunjung," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi saat meresmikan Museum Mpu Purwa di Malang, Sabtu (14/7).

Keberadaan museum ini cukup penting. Apalagi di Malang kerap ditemukan berbagai peninggalan purbakala. Dengan segala kekayaan sejarah masa lalu, masih banyak peninggalan purbakala yang belum dieksplorasi di wilayah ini.

Pegiat seni dan budaya di Kota Malang diharapkan juga memanfaatkan museum ini untuk berbagai kepentingan. Mulai kegiatan ilmiah hingga pertunjukan untuk promosi seni dan budaya. Agar semua produk budaya tak hanya tersimpan di museum atau jadi dokumen semata.

"Ke depan harus banyak museum yang ditata dengan tema tertentu. Akan ada alokasi anggaran khusus untuk museum, apalagi sekarang sudah ada perundangan kemajuan budaya," ujar Muhadjir.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Museum
  2. Kota Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
ZONA TURIS