1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Inilah gaya Kota Malang dalam apresiasi peran perempuan

Sebagai bentuk apresiasi atas peran perempuan dalam pembangunan, Pemkot Malang gelar pemilihan perempuan inspiratif kota Malang 2017.

Grand Final Perempuan inspiratif Kota Malang 2017 © 2017 merdeka.com/Humas Pemkot Malang. ©2017 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Kamis, 27 April 2017 09:18

Merdeka.com, Malang - Sebuah ajang bertajuk 'Pemilihan Perempuan Inspiratif Kota Malang 2017' digelar Pemerintahan Kota (Pemkot) Malang. Acara digelar sebagai bentuk apresiasi atas peran para perempuan dalam pembangunan.

Acara pemilihan diikuti sebanyak 20 finalis telah melalui tahap seleksi sejak 17 April. Mereka adalah para perempuan yang sudah berjasa dalam memberikan sumbangsih baik berupa pikiran dan tenaganya pada masyarakat.

"Kegiatan ini sebagai upaya memberikan dorongan dan motivasi bagi kaum perempuan Kota Malang untuk ikut aktif berperan serta dalam pembangunan di segala bidang kehidupan melalui inovasi dan daya kreatifnya," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Farida Dewi Suryani di Hotel Gajahmada Malang, Rabu (26/4) malam.

Umi Farida, demikian biasa dipanggil, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) itu.

Saat ini, kata Umi Farida, perempuan memiliki peluang dan kesempatan yang sama dengan kaum Adam dalam berbagai bidang kehidupan. Kondisi itu memupus fakta masa lalu di mana para perempuan kerap dijadikan kaum nomor dua.

"Namun kini, perempuan dari kaum marjinal pun memiliki kesempatan, selama dia bisa mengakses fasilitas yang ada melalui jenjang pendidikan dan karir yang ditekuninya," ungkapnya.

Grand Final Perempuan inspiratif Kota Malang 2017
© 2017 merdeka.com/Humas Pemkot Malang

Kendati demikian, Umi berpesan kepada para perempuan agar tidak melupakan tiga hal yang menjadi perannya yakni sebagai seorang putri, seorang istri dan juga menjadi seorang ibu. Meskipun terdengar sederhana tiga peran ini memiliki tanggung jawab  besar.

Tanggung jawab besar itu ternyata dalam kehidupannya tidak menghalangi perempuan dalam berkarya. Tidak sedikit para perempuan sukses di bidangnya masing-masing dan memberi inspirasi bagi masyarakat lain.

"Keberhasilan perempuan tentu tak lepas dari daya juang dan semangat yang tidak pernah putus," ungkapnya.

Makan selayaknya, pemerintah daerah penghargaan penghargan kepada kaum perempuan sebagai apresiasi atas prestasi kreatif dan inovatif.

"Saya berharap raihan penghargaan ini hendaknya dapat menjadi pemacu untuk melangkah ke arah yang lebih baik. Agar dapat mencapai prestasi terbaik sehingga dapat memberikan kontribusi dalam mendukung program pembangunan di berbagai bidang," katanya.

Sementara itu, Sri W Ningsih warga Bumiayu Kota Malang dinobatkan sebagai perempuan inspiratif Kota Malang 2017. Penobatan dan penghargaan diserahkan oleh Umi Farida, didampingi Wali Kota Malang, Mochammad Anton.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Abah Anton
  2. Info Kota
  3. Perempuan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA